Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Gagas Program "Bawaslu Bermusik", Bawaslu Berharap Komunitas Ikut Awasi Seleksi Pantarlih

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Selasa, 29 November 2022, 11:35 WIB
Gagas Program
Anggota Bawaslu RI, Lolly Suhenty /RMOL
Pelaksanaan pembentukan Panitia Pendaftaran Pemilih (Pantarlih) yang akan dimulai pada pertengahan Januari hingga Februari 2023, diharapkan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), bisa ikut diawasi oleh banyak komunitas masyarakat.

Upaya yang dilakukan Bawaslu RI untuk menstimulasi keaktifan masyarakat dalam pengawasan salah satu tahapan pemilu ini adalah dengan membuat program sosialisasi.

Anggota Bawaslu RI, Lolly Suhenty menjelaskan, pihaknya telah melakukan sejumlah metode sosialisasi baru, dan pada akhirnya dirdangkum dalam satu program.

"Sudah sejak awal kami lakukan, yang mungkin update terbaru ini merespons soal (program) 'Bawaslu Bermusik'," ujar Lolly kepada wartawan, Selasa (29/11).

Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Bawaslu RI ini mengurai, "Bawaslu Bermusik" merupakan singkatan dari "Bawaslu Bergerak untuk Pemilu yang Asik".

"Konteksnya itu populer dan mendekatkan diri dengan komunitas," sambungnya.

Metodelogi yang kemungkinan akan digunakan dalam program "Bawaslu Bermusik", diungkap Lolly, adalah memberikan ruang terbuka untuk komunitas-komunitas berekspresi terkait kepemiluan.

"Kita akan coba dari ruang-ruang yang terbuka, misalnya dari car free day. Nah, itu akan kita coba. Tapi memang ini sebetulnya untuk mendekatkan diri kepada berbagai komunitas," jelasnya.

Lebih lanjut, Lolly menyebutkan sejumlah komunitas telah ditargetkan bisa berpartisipasi aktif dalam pengawasan tahapan pelaksanaan Pemilu Serentak 2024.

"Target kami komunitas seniman, budayawan, bisa terangkul, teman-teman muda akan terangkul, ibu-ibu yang sosialita dan sebagainya bisa terangkul," ucapnya.

"Maka tagline 'Bawaslu Bermusik' kami galakkan. Itu menyambut juga proses untuk pengawasan pantarlih yang akan berlangsung," demikian Lolly menambahkan.

Mulai 22 Januari hingga 3 Februari akan dilaksanakan pembentukan Pantarlih oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) di tingkat kabupaten/kota.

Berikut ini rincian tahapannya:

- 22 Januari hingga 24 Januari 2023, pengumuman pendaftaran calon Pantarlih

- 22 Januari hingga 27 Januari 2023, penerimaan pendaftaran calon Pantarlih

- 23 Januari hingga 29 Januari 2023, penelitian administrasi calon Pantarlih

- 30 Januari hingga 1 Februari 2023, pengumuman hasil seleksi calon Pantarlih

- 1 Februari 2023, penetapan nama hasil seleksi Pantarlih

- 3 Februari 2023, pelantikan Pantarlih.
EDITOR: AGUS DWI

ARTIKEL LAINNYA