Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Persaingan Top 3 Capres Masih Sama, Indikator: Perubahan Ada di Lapis Kedua dan Ketiga

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Kamis, 01 Desember 2022, 15:53 WIB
Persaingan Top 3 Capres Masih Sama, Indikator: Perubahan Ada di Lapis Kedua dan Ketiga
Ganjar Pranowo, Anies Baswedan dan Prabowo Subianto/Net
Persaingan tokoh untuk bisa menjadi pilihan masyarakat di Pilpres 2024 terus mengalami perkembangan, meski di urutan tiga besar masih ditempati figur-figur yang sama. Sementara perubahan mulai terjadi di para tokoh lapis kedua dan ketiga.

Begitu Direktur Eksekutif Indikator, Burhanuddin Muhtadi, menyampaikan gambaran besar hasil survei terbarunya yang digelar pada medio Oktober hingga November 2022, yang dirilis secara virtual pada Kamis (1/12).

Dia menjelaskan, dalam setahun terakhir sejak 2021 hingga awal 2022 dan jelang September 2022, hasil surveinya melihat praktis keterpilihan tokoh-tokoh yang duduk di ranking tiga besar tidak terlalu banyak perubahan berarti.

"Jadi kita mengamati nama-nama yang muncul di top 3 antara Ganjar, Pak Prabowo, dan Anies Baswedan. Jadi tidak ada perkembangan berarti," ujar Burhanuddin.

Dalam catatannya, Ganjar duduk di peringkat pertama dengan elektabilitas 28,6 persen. Tapi ini tercatat lebih rendah dari survei September 2022 yang memperoleh 30,2 persen.

Sementara Anies Baswedan berada diperingkat kedua dengan elektabilitas 24,2 persen pada November, atau naik dari September yang sebesar 18,2 persen.

Adapun untuk Prabowo Subianto mendapat elektabilitas 17,9 persen di November, atau lebih rendah dari survei September yang sebesar 22,5 persen.

Kendati 3 orang itu selalu ada diperingkat ketiga, muncul sejumlah tokoh yang elektailitasnya mulai tinggi pada bulan November ini.

"Kendati ada nama seperti Ridwan Kamil yang mulai menyusul di bulan Mei dan Juni 2022, tetapi itu tidak bisa menembus top 3, jadi masuk di urutan keempat tetapi tak mampu menggoyang dominasi 3 nama itu," paparnya.

Selain Ridwan Kamil yang memperoleh elektabilitas sebesar 9,3 persen pada November atau lebih tinggi dari bulan September yang sebesar 7,8 persen, ada nama Agus Harimurthi Yudhoyono (AHY), Puan Maharani, Sandiaga Uno, hingga Khofifah dan Erick Thohir.

"Itu yang mengisi lapisan kedua dan ketiga," sambungnya menegaskan.

Jika dirinci, elektabilitas AHY pada November 2022 mencapai 4,3 persen atau turun dari bulan September yang sebesar 4,4 persen.

Kemudian disusul Puan Maharani sebesar 2,4 persen pada November dan 3,2 persen pada September 2022; Sandiaga Uno 2,0 persen pada November dan 3,5 persen pada September 2022; serta Erick Thohir 1,7 persen pada November dan 1,4 persen pada September.

Populasi dalam survei ini sebanyak 1.220 responden dengan margin of error kurang lebih 2,9 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Metode yang digunakan dalam survei ini adalah multistage random sampling.

ARTIKEL LAINNYA