Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Proyek Food Estate Dianggap Berpotensi Mangkrak seperti Beberapa Infrastruktur

LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Kamis, 01 Desember 2022, 22:01 WIB
Proyek Food Estate Dianggap Berpotensi Mangkrak seperti Beberapa Infrastruktur
Direktur Gerakan Perubahan, Muslim Arbi/Net
RMOL. Pembangunan food estate di beberapa wilayah seperti di Kalimantan Tengah hingga Papua berpotensi mangkrak seperti proyek-proyek infrastruktur yang banyak mangkrak di era Presiden Joko Widodo.

Hal itu disampaikan oleh Direktur Gerakan Perubahan, Muslim Arbi menanggapi pernyataan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono yang mengungkapkan bahwa food estate di Kalimantan Tengah tidak ada orang, padahal sudah bisa ditanam. Sehingga, dihentikan di 43.500 hektare.

"Lahan luas dan proyek food estate itu jika bagus dan menguntungkan masyarakat, pastilah masyarakat akan berduyun-duyun. Karena sekarang banyak yang menganggur dan sulitnya mendapatkan lapangan pekerjaan," ujar Muslim kepada Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (1/12).

Muslim menilai, proyek food estate bagi masyarakat tidak menguntungkan, sehingga tidak tertarik untuk menanam di lahan food estate, sebagaimana proyek-proyek infrastruktur lainnya yang merugi dan mangkrak.

"Bisa jadi proyek food estate itu mirip dengan banyak proyek infrastruktur yang mangkrak karena perencanaannya tidak matang. Dan itu jelas pasti menghamburkan uang negara dan menimbulkan kerugian," pungkas Muslim.

ARTIKEL LAINNYA