Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

KPU Siap Hadapi Gugatan Empat Parpol Tak Lolos Verifikasi ke PTUN

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Kamis, 01 Desember 2022, 22:51 WIB
KPU Siap Hadapi Gugatan Empat Parpol Tak Lolos Verifikasi ke PTUN
Anggota KPU RI, Mochammad Afifuddin/Net
Hasil verifikasi administrasi yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) digugat oleh empat partai politik (parpol).

Partai Prima, Parsindo, Republik, dan Republiku Indonesia, menggugat putusan KPU tertanggal 18 November yang menyatakan mereka tidak lolos verifikasi administrasi.

Dalam gugatannya, empat parpol itu meminta PTUN membatalkan keputusan hasil verifikasi yang dikeluarkan KPU, dan juga meminta PTUN memerintahkan KPU meloloskan empat partai itu sebagai peserta Pemilu 2024.

Anggota KPU RI, Mochammad Afifuddin mengatakan, pihaknya tak mempersoalkan gugatan dilayangkan parpol-parpol yang tak lolos tahapan verifikasi administrasi itu.

"KPU menghormati Upaya Hukum yang dilakukan oleh 4 partai dimaksud," kata Afifuddin kepada wartawan pada Kamis (1/12).

Untuk menghadapi proses hukum 4 parpol tersebut, Koordinator Divisi Hukum dan Pencegahan KPU RI ini memastikan akan menyiapkan dalil-dalil hukum dan fakta yang terkait pelaksanaan tahapan verifikasi administrasi.

"Selanjutnya KPU akan mempersiapkan dan menjelaskan sesuai dengan kewenangan KPU. Biasanya PTUN akan memanggil kami untuk didengar keterangannya," ujarnya.

Lebih lanjut, mantan Anggota Bawaslu RI ini meyakini proses tahapan verifikasi administrasi yang berjalan sudah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang ada.

"Kami sudah melakukan pekerjaan yang menjadi tanggungbjawab kami sesuai dengan aturan," demikian sosok yang kerap disapa Cak Afif ini menambahkan. 

ARTIKEL LAINNYA