Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Teruji di G20, Indonesia Siap Dorong ASEAN Jadi Jangkar Stabilitas Ekonomi Global

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Jumat, 02 Desember 2022, 09:34 WIB
Teruji di G20, Indonesia Siap Dorong ASEAN Jadi Jangkar Stabilitas Ekonomi Global
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto/Net
rmol news logo Kesuksesan menakhodai KTT G20 membawa optimisme Indonesia untuk makin memperkuat negara-negara ASEAN, khususnya di tengah pertumbuhan ekonomi global yang diproyeksikan melambat.

Apalagi, Indonesia telah dipercaya memegang keketuaan ASEAN di tahun 2023 mendatang.

"Pemerintah terus mendorong ASEAN menjadi kawasan yang stabil dan damai untuk menjadi jangkar stabilitas perekonomian global,” kata Menko Perekonomian RI, Airlangga hartarto, Jumat (2/12).

Setidaknya, ada tiga prioritas yang diusung dalam keketuaan ASEAN mendatang, yakni recovery-rebuilding, digital economy, serta sustainability.

Pertumbuhan ekonomi global diproyeksikan melambat hingga tahun depan, bahkan IMF telah memangkas pertumbuhan ekonomi global pada tahun 2022 menjadi 3,2% dan semakin terkoreksi tajam menjadi 2,7% pada 2023.

Beberapa komoditas penting dunia juga masih sangat fluktuatif dan berada pada level tinggi, termasuk bahan bakar maupun komoditas pangan.

Sementara itu, pertumbuhan ekonomi Indonesia mencatatkan kinerja yang mengesankan selama tahun 2022, bahkan melebihi pertumbuhan sebelum pandemi tahun 2019.

Hal ini akan menjadi bekal yang cukup bagi perekonomian nasional untuk menghadapi potensi resesi global pada tahun 2023.

“Dengan fundamental ekonomi yang kuat dan berbagai jaringan serta posisi Indonesia, tentu ini bisa mendorong kemajuan ekonomi Indonesia lebih baik dibandingkan berbagai negara lainnya,” ungkap Airlangga. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA