Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Siang Ini, Calon Tunggal Panglima TNI Yudo Margono Jalani Fit and Proper Test di DPR

LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA WAHANAPUTRA
  • Jumat, 02 Desember 2022, 09:53 WIB
Siang Ini, Calon Tunggal Panglima TNI Yudo Margono Jalani Fit and Proper Test di DPR
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono/Net
Uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) untuk calon tunggal Panglima TNI, yakni Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono akan digelar pada Jumat siang (2/12). Menurut agenda yang diterima redaksi, agenda tersebut akan dilaksanakan pada pukul 13.30 WIB di Gedung Nusantara II, Komisi I DPR RI.

Yudo Margono telah dipilih Presiden Joko Widodo untuk menjadi calon tunggal panglima TNI menggantikan Jenderal Andika Perkasa yang berasal dari matra Angkatan Darat. Andika Perkasa memasuki masa pensiun pada 21 Desember 2022.

Pemilihan Yudo Margono tersebut telah diumumkan oleh Ketua DPR Puan Maharani usai menerima surat presiden (surpres) dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Gedung DPR, Jakarta, Senin (28/11).

Nantinya, bila fit and proper test berjalan lancar, Yudo akan menjadi panglima TNI pertama dari matra Angkatan Laut di era Presiden Jokowi.

Redaksi mengonfirmasi Kepala Dinas Penerangan TNI AL (Kadispenal) Laksamana Pertama TNI Julius Widjojono dan menyebut bahwa Yudo beserta rombongan akan tiba di gedung DPR pukul 13.00 WIB dengan didampingi beberapa perwira tinggi

"Siap jam 13 nanti sudah di DPR," kata Julius kepada Kantor Berita Politik RMOL.

Sebelum menjadi orang nomor satu di TNI Angkatan Laut, begini kiprah jenderal bintang empat kelahiran Madiun, 26 November 1965.

Yudo muda lulus dari Akademi Angkatan Laut (AAL) tahun 1988. Terkait dengan keluarga, Yudo menikah dengan Veronica Yulis Prihayati dan dikaruniai tiga orang anak, Novendi Wira Yoga, Ditya Wira Adibrata, dan Noval Wira Abiyuda.

Vero, sapaan akrab istri Yudo Margono merupakan perwira polisi berpangkat AKBP yang saat ini berdinas di Baharkam Polri.

Kembali ke karier militer jenderal bintang empat itu, Yudo pernah menjadi Asisten Perwira Divisi (Aspadiv) Senjata Artileri Rudal di KRI YNS 332.

Sejak saat itu, Yudo Margono memiliki banyak pengalaman sebagai komandan kapal perang mulai dari Komandan KRI Pandrong-801, Komandan KRI Sutanto-877, dan Komandan KRI Ahmad Yani-351.

Usai mengomandani kapal perang, karier Yudo Margono semakin moncer.

Yudo menjabat Komandan Lantamal I Belawan di tahun (2015-2016), berlanjut menjabat sebagai Kepala Staf Koarmabar (2016-2017), Pangkolinlamil (2017-2018), Pangarmabar (2018), Pangarmada I (2018-2019), Pangkogabwilhan I (2019-2020), dan Kepala Staf TNI AL (2020-Sekarang).

Selama berdinas, Yudo Margono meraih sejumlah brevet bergengsi, di antaranya brevet atas air, brevet selam TNI AL, brevet Kavaleri Marinir kelas I, brevet Hiu Kencana, dan Kopaska. Yudo juga mendapat brevet kehormatan, wing penerbang TNI AU, dan wing penerbal.

ARTIKEL LAINNYA