Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Kesejahteraan Prajurit TNI di Atas Segalanya Saat Yudo Terpilih jadi Panglima TNI

LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA WAHANAPUTRA
  • Jumat, 02 Desember 2022, 12:49 WIB
Kesejahteraan Prajurit TNI di Atas Segalanya Saat Yudo Terpilih jadi Panglima TNI
Calon tunggal Panglima TNI, KSAL Laksamana Yudo Margono/Net
Kesejahteraan prajurit TNI jadi poin utama yang harus direalisasikan oleh Panglima TNI yang baru. Jangan sampai, kesejahteraan keluarga yang ditinggalkan oleh prajurit saat berdinas jadi terbengkalai lantaran tidak jelasnya fasilitas, dan jaminan dari institusi TNI itu sendiri.

Begitu pesan dari pengamat intelijen Ridlwan Habib menanggapi uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon tunggal Panglima TNI, KSAL Laksamana Yudo Margono. Pesan ini dinilai penting lantaran masa jabatan Yudo tidak akan lama sebagai Panglima TNI. Sebab pada 26 November 2023, dia akan memasuki masa pensiun.

"Visi ini klasik, yakni soal kesejahteraan prajurit. Dengan waktu jabatan yang terbatas kira-kira apa yang menjadi visi Panglima TNI baru nanti terkait dengan kesejahteraan tni. Apa saja yang akan dilakukan?" sambungnya kepada Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (2/12).Jumat (2/12).

Untuk itu, dalam uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) untuk calon tunggal Panglima TNI, yakni Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono, Ridlwan menilai Komisi I harus menanyakan seluruh hal kepada Yudo dengan jelas.

Agar, apa yang dikatakan Yudo nanti dapat dipertanggungjawabkan bila nantinya menjadi Panglima TNI.

"Kita berharap anggota DPR tidak sekedar formalitas dalam melakukan fit and proper test tetapi memberikan pertanyaan-pertanyaan yang tajam benar-benar akurat dan tajam. Sehingga masyarakat yakin panglima yang diusulkan adalah panglima yang tepat memimpin TNI," kata Ridlwan.

Menurut agenda yang diterima redaksi, agenda Fit and Proper Test akan dilaksanakan pada pukul 13.30 WIB di Gedung Nusantara II, Komisi I DPR RI.

Yudo Margono telah dipilih Presiden Joko Widodo untuk menjadi calon tunggal panglima TNI menggantikan Jenderal Andika Perkasa yang berasal dari matra Angkatan Darat. Andika Perkasa memasuki masa pensiun pada 21 Desember 2022.

Pemilihan Yudo Margono tersebut telah diumumkan oleh Ketua DPR Puan Maharani usai menerima surat presiden (surpres) dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Gedung DPR, Jakarta, Senin (28/11).

Nantinya, bila fit and proper test berjalan lancar, Yudo akan menjadi panglima TNI pertama dari matra Angkatan Laut di era Presiden Jokowi.

Redaksi mengonfirmasi Kepala Dinas Penerangan TNI AL (Kadispenal) Laksamana Pertama TNI Julius Widjojono dan menyebut bahwa Yudo beserta rombongan akan tiba di gedung DPR pukul 13.00 WIB.

"Siap jam 13 nanti sudah di DPR," kata Julius kepada Kantor Berita Politik RMOL.

ARTIKEL LAINNYA