Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Potensi Ancaman Global Tidak Luput dari Perhatian Yudo Margono saat Diuji Komisi I DPR

LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA WAHANAPUTRA
  • Jumat, 02 Desember 2022, 23:18 WIB
Potensi Ancaman Global Tidak Luput dari Perhatian Yudo Margono saat Diuji Komisi I DPR
Laksamana Yudo Margono/RMOL
Panglima TNI terpilih Laksamana Yudo Margono menaruh perhatian khusus pada berbagai persoalan dari sisi keamanan baik luar maupun dalam negeri.

Persoalan itu disampailan Yudo saat menyampaikan visi dan misi dalam uji kelayakan dan kepatutan oleh Komisi I DPR RI, di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Jumat (2/12).

Pada tataran global, kata Yudo, geopolitik dunia masih dihadapkan pada kemajuan teknologi informasi dan digital beserta dampaknya.

"Konflik kepentingan dan kompetisi kekuatan negara-negara besar, terlebih situasi konflik terbuka Rusia-Ukraina saat ini, persaingan dagang dan investasi, dampak perubahan iklim, wabah penyakit, dan bio-security, ancaman siber, serta adanya potensi ancaman kelangkaan pangan dan energi," kata Yudo.

Selain lingkup dunia, Yudo juga menyoroti persoalan pada lingkup regional. Menurutnya, ketegangan di Laut China Selatan masih kerap terjadi di kawasan Asia Pasifik.

Sedangkan, di tingkat nasional, Yudo menyebut kondisi keamanan Indonesia cukup stabil meski ada beberapa isu yang menonjol.

"Mulai dari gangguan keamanan di daerah tertentu, rencana pembangunan ibukota negara baru, dinamika situasi politik menjelang pesta demokrasi 2024, kenaikan harga BBM dan kebutuhan pokok, serta percepatan penanganan covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional," demikian Yudo.

ARTIKEL LAINNYA