Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Siapkan Perangkat Hukum yang Jelas, Upaya KPU Wujudkan Hasil Pemilu Didukung Rakyat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Sabtu, 03 Desember 2022, 14:17 WIB
Siapkan Perangkat Hukum yang Jelas, Upaya KPU Wujudkan Hasil Pemilu Didukung Rakyat
Ketua KPU Hasyim Asyari/Net
rmol news logo Harapan Presiden Joko Widodo terhadap hasil Pemilu Serentak 2024 bisa mendapat dukungan masyarakat mendapat atensi Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Ketua KPU RI, Hasyim Asyari menyambut baik beberapa poin penting yang dititipkan Jokowi untuk bisa diperhatikan pihaknya.

"Kami menyambut baik apa yang disampaikan oleh Pak Presiden (Jokowi), karena ini kan sebagai sebuah pengingat bahwa kerja-kerja KPU itu ada dua aspek penting, ada aspek teknis dan ada aspek politik," ujar Hasyim kepada wartawan, Sabtu (3/12).

Terkhusus aspek teknis, Hasyim menyatakan bahwa ini erat kaitannya dengan aspek hukum atau penyusunan peraturan perundang-undangan oleh KPU.

"Yang sifatnya teknis kepemiluan itu harus dikerjakan sesuai dengan standar operasional prosedur, peraturan yang telah ditentukan," katanya.

Dengan memastikan dasar hukum pelaksanaan seluruh tahapan pemilu jelas, komisoner KPU RI dua periode ini meyakini hasil yang lahir dari Pemilu Serentak 2024 bisa bersifat demokratis.

"Karena pada dasarnya kan demokratis itu sering didefinisikan predictable procedure but unpredictable results, aturan aturan mainnya harus dapat diprediksi atau harus ada kepastian hukum dan hasilnya tidak bisa kita prediksi," urainya.

"Sehingga perlunya kerangka hukum untuk menjamin kepastian hukum itu menjadi sesuatu yang penting untuk menciptakan pemilu yang demokratis. Sehingga hasilnya mendapat legitimasi secara politik oleh rakyat," demikian Hasyim menambahkan. rmol news logo article
EDITOR: IDHAM ANHARI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA