Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Usulan Ganjar Jadi Capres Masih Sebatas Wacana, Bukan Kesimpulan KIB

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/bonfilio-mahendra-1'>BONFILIO MAHENDRA</a>
LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA
  • Senin, 05 Desember 2022, 09:06 WIB
Usulan Ganjar Jadi Capres Masih Sebatas Wacana, Bukan Kesimpulan KIB
Ganjar Pranowo belum pasti dapat dukungan KIB/Ist
rmol news logo Munculnya nama Ganjar Pranowo sebagai usulan calon presiden (Pilpres) yang diajukan Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Jawa Tengah disebut hanya sebatas wacana.

Sebab, partai berlambang matahari itu masih masuk dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bersama Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Golkar. Di mana KIB sudah sepakat akan mengusung kader internal pada Pilpres 2024.

Dan, Ganjar bukanlah kader dari tiga partai tersebut.

"Usulan dari DPW PAN Jawa Tengah dalam mengusung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) pada Pemilu Serentak  2024 baru sebatas wacana," kata pengamat politik Indonesian Public Institute (IPI), Karyono Wibowo, kepada , Senin (5/12).

Meski sebatas wacana, Karyono menyebut, kemungkinan suara konsituen PAN di tingkat daerah lebih cenderung ke Ganjar. Sehingga, tidak menutup kemungkinan Ganjar akan dapatkan tiket Capres dari KIB melalui PAN.

"Namun demikian, dukungan tersebut semakin memperkuat sinyal bahwa PAN memiliki kecenderungan akan mengusung Ganjar. Hal itu diperkuat oleh pernyataan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan yang menyebut bahwa rata-rata pengurus PAN di daerah suaranya sama ingin mengusung Ganjar Pranowo pada Pemilihan Presiden 2024," papar Karyono.

Apalagi, lanjut Karyono, kader PPP juga mengikuti PAN dalam mengusung Ganjar di sebagai capres pada Pemilu 2024.

Melihat hal tersebut, Karyono menyebut KIB sejauh ini belum menyimpulkan untuk mendukung Ganjar.

Sebab, masih ada Partai Golkar yang masih setia mendukung kader partainya menjadi capres yakni Ketua Umuk Airlangga Hartarto.

"Dukungan dari sejumlah pengurus PAN dan PPP belum bisa diambil kesimpulan bahwa KIB sudah bulat akan mengusung Ganjar," jelas Karyono.

Sebelumnya, DPW PAN Jawa Tengah menyatakan ingin mengusung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (Pilpres) pada Pemilu Serentak 2024.

Setelah menerima usulan itu, Ketua Umum PAN Zulkilfi Hasan mengungkapkan bahwa memang hampir semua kader PAN mengusulkan Ganjar Pranowo yang kini menjabat Gubernur Jawa Tengah sebagai Capres 2024.

"Memang hampir semua wilayah begitu suaranya (usul Ganjar capres)," kata Zulhas dalam kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Jawa Tengah di Hotel Grasia, Semarang, pada Jumat lalu (2/12).

Zulhas mengatakan, usulan PAN Jateng itu akan ditampung oleh DPP untuk dibahas lebih lanjut sebagaimana mekanisme internal yang sudah ditetapkan.

"Tentu nanti mekanismenya kan kita sampaikan di DPP pada saatnya," katanya. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA