Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Samuel F Silaen: Relawan Jadi Pereda Dahaga di Saat Parpol Asyik Hitung Untung Rugi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Senin, 05 Desember 2022, 09:35 WIB
Samuel F Silaen: Relawan Jadi Pereda Dahaga di Saat Parpol Asyik Hitung Untung Rugi
Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Studi Masyarakat dan Negara (Laksamana), Samuel F Silaen/Net
rmol news logo Keberadaan relawan dan partai politik tidak bisa dipisahkan dalam dunia perpolitikan. Baik relawan maupun partai politik ibarat uang, memiliki dua sisi dan menjadi kesatuan.

"Sejatinya partai politik butuh relawan (orang yang rela) sebagai basis pendukung yang turut mendongkrak elektabilitas partai atau apa pun itu," kata Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Studi Masyarakat dan Negara (Laksamana), Samuel F Silaen, Senin (5/12).

Namun demikian, Samuel mencermati partai politik kekinian kurang demokratis atau kurang sejalan dengan aspirasi politik rakyat.

"Partai politik terlihat asik sendiri mengalkulasi kepentingannya sendiri. Terkadang seperti bertolak belakang dengan aspirasi masyarakat Indonesia," tutur mantan fungsionaris DPP KNPI itu.

Padahal, kata dia, partai politik butuh dukungan suara rakyat untuk mendudukkan calon legislatifnya menjadi wakil rakyat di perlemen.

Keberadaan relawan kekinian juga punya daya tawar cukup diperhitungkan di dalam menyalurkan aspirasinya, khususnya dalam perhelatan Pilpres.

"Kehadiran relawan menjadi 'obat' buat dahaganya perjuangan aspirasi rakyat melalui komunitas relawan (orang yang rela)," tandasnya. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA