Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Hanya Golkar yang Masih Konsisten di KIB, PAN dan PPP Mulai Mbalelo

LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA WAHANAPUTRA
  • Senin, 05 Desember 2022, 09:56 WIB
Hanya Golkar yang Masih Konsisten di KIB, PAN dan PPP Mulai Mbalelo
Tiga Ketua Umum partai politik anggota Koalisi Indonesia Bersatu (KIB)/Net
Partai Golkar yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) masih setia mendukung Ketua Umum Airlangga Hartarto untuk maju menjadi capres pada Pemilu 2024.

Konsistensi tersebut tentu berbeda dengan kader Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PAN) yang mulai memberikan dukungan ke kandidat lain. Padahal PAN dan PPP tergabung ke KIB dan sudah sepakat memprioritaskan kader internal.

"Golkar hingga saat ini masih teguh dalam pendiriannya untuk mengusung Airlangga Hartarto sebagai capres," kata pengamat politik Indonesian Public Institute (IPI), Karyono Wibowo kepada Kantor Berita Politik RMOL, Senin (5/12).

Meski ada dukungan untuk tokoh politik di luar koalisi, Karyono menyebut usulan PPP dan PAN belum bisa disebut keputusan final.

"Dukungan dari sejumlah pengurus PAN dan PPP belum bisa diambil kesimpulan bahwa KIB sudah bulat akan mengusung Ganjar, selain itu belum diputuskan di tingkat koalisi," kata Karyono.

Sebelumnya, Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PAN Jawa Tengah ingin mengusung Ganjar sebagai bakal capres 2024.

Setelah menerima usulan itu, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan mengungkapkan bahwa memang hampir semua kader PAN mengusulkan Ganjar.
EDITOR: DIKI TRIANTO

ARTIKEL LAINNYA