Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Cegah Orang Luar Jadi Capres dari KIB, Airlangga Diminta Lebih Ngotot

LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA WAHANAPUTRA
  • Senin, 05 Desember 2022, 11:27 WIB
Cegah Orang Luar Jadi Capres dari KIB, Airlangga Diminta Lebih Ngotot
Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto/Net
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto disarankan untuk berani mendeklarasikan dirinya sebagai calon presiden (capres) 2024 yang diusung Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

"Airlangga harus ngotot ketika ingin KIB usung dia sebagai capres Jangan biarkan KIB terlalu lama memberi ruang kepada orang luar untuk maju," kata Direktur Eksekutif Aljabar Strategic, Arifki Chaniago, kepada Kantor Berita Politik RMOL, Senin (5/12).

Arifki menambahkan, KIB yang terdiri dari Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) harus segera menentukan sikap. Bila tidak, dikhawatikan ketika ada kader di ketiga partai tersebut yang dinilai cukup mempuni justru tidak dilirik.

Malah, tokoh lain dari luar koalisi bahkan profesional yang masuk dalam lingkaran koalisi. Sehingga bisa mengubah arah KIB dalam Pemilu 2024.

Tak hanya itu, Arifki juga mengkritisi sejumlah pertemuan antara ketua umum partai KIB yang ujung-ujungnya tidak membuahkan hasil, dalam hal ini soal nama capres dan cawapres.

"Makanya Airlangga jangan terlalu lama mainkan bola. Artinya Airlangga harus buat gol dengan mendeklarasikan dirinya sebagai capres di KIB. Deal-deal dengan PAN dan PPP harus lebih konkret, karena pertemuan-pertemuan yang enggak konkret akan rugikan Airlangga dan Golkar," papar Arifki.

Baru-baru ini DPW PAN Jawa Tengah menyatakan ingin mengusung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (Pilpres) pada Pemilu 2024.

Padahal, Ganjar bukanlah kader PAN dan dua partai lain yang masuk dalam KIB.

Ketua Umum PAN, Zulkilfi Hasan menyatakan, usulan PAN Jateng itu akan ditampung oleh DPP untuk dibahas lebih lanjut sebagaimana mekanisme internal yang sudah ditetapkan.

"Tentu nanti mekanismenya kan kita sampaikan di DPP pada saatnya," katanya, dalam kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) DPW PAN Jawa Tengah di Hotel Grasia, Semarang, Jumat lalu (2/12).
EDITOR: AGUS DWI

ARTIKEL LAINNYA