Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Gencar Safari Politik, Pengamat: Anies Sebagai Capres Non Kader Parpol Tak Punya Power Lobi

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Senin, 05 Desember 2022, 14:39 WIB
Gencar Safari Politik, Pengamat: Anies Sebagai Capres Non Kader Parpol Tak Punya Power Lobi
Bacapres Partai Nasdem, Anies Baswedan/RMOL
Jelang pelaksanaan Pemilu Serentak 2024 yang di dalamnya juga terdapat pemilihan presiden (pilpres) mulai disikapi secara serius oleh tokoh-tokoh yang memiliki kans untuk maju sebagai calon presiden (capres) maupun calonwakil presiden (cawapres).

Salah satu yang ramai diperbincangkan adalah manuver politik Anies Baswedan yang diusung oleh Partai Nasinal Demokrat (Nasdem). Sebabnya, sosok ini sudah mulai berkunjung ke beberapa daerah secara berkelanjutan namun tidak didukung oleh parpol-parpol yang berencana mendukungnya di 2024.

Fenomena ini salah satunya ditanggapi oleh pengamat politik sekaligus Direktur Survei dan Polling Indonesia (SPIN), Igor Dirgantara.

Dia berpendapat, secara elektabilitas Anies memang memiliki ranking yang cukup tinggi, bahkan bisa hampir sejajar dengan sejumlah sosok politisi yang notabene pimpinan ataupun kader parpol.

"Tingkat popularitas Anies memang tinggi bersama Prabowo, Ganjar," ujar Igor saat dihubungi Kantor Berita Politik RMOL, Senin (5/12).

Beriringan dengan tingkat keterpilihan atau elektabilitas yang cukup moncer, Igor mencatat tingkat ketidaksukaan terhadap Anies juga paling tinggi ketimbang figur lainnya.

Menurutnya, hal itu disebabkan personifikasi Anies yang timbul di publik terlanjur dianggap sebagai antitesa kelompok pendukung Presiden Joko Widodo.

"Tentu Ini merepotkan dan membatasi ruang gerak dari Anies itu sendiri. Apalagi Anies sebagai  capres non kader parpol tidak punya power untuk melobi parpol yang ingin mengusungnya," tuturnya.

"Sebaliknya, Anies justru rentan berkompromi untuk mengakomodasi kepentingan para pihak yang mendorongnya maju sebagai capres," demikian Igor menambahkan.

ARTIKEL LAINNYA