Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Usung Tokoh Luar KIB jadi Capres, Pengamat: Memalukan Para Ketum Partai

LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA WAHANAPUTRA
  • Senin, 05 Desember 2022, 15:18 WIB
Usung Tokoh Luar KIB jadi Capres, Pengamat: Memalukan Para Ketum Partai
Ketua Umum Partai anggota KIB/Net
Memalukan bila Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang berisi Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) justru mengusung calon presiden dan calon wakil presiden bukan dari kader partai.

"Masa iya capres dan cawapres dari luar? Ini kan memalukan," kata Direktur Eksekutif Aljabar Strategic, Arifki Chaniago, kepada Kantor Berita Politik RMOL, Senin (5/12).

Selain tidak adanya program kaderisasi di tubuh partai, Arifki menilai, dengan mengusung sosok luar dari dalam internal KIB bisa membuat para ketua umum partai merugi.

Terlebih, para ketua umum partai sudah melakukan kunjungan ke daerah-daerah demi memperkenalkan KIB, partai, dan terutama sosok kader partai yang juga pengurus.

"Sangat merugikan bagi Keta Umum Golkar, PAN, dan PPP yang tidak dapat memiliki ruang untuk mencapreskan kadernya sebagai capres atau cawapres di pemilu 2024," kata Arifki.

Itu sebabnya, Arifki berpesan agar para ketua umum partai dalam KIB dapat percaya diri dan maju menjadi capres atau cawapres. Salah satu contohnya, Arifki mendorong Ketum Partai Golkar Airlangga agar ngotot untuk mendeklarasikan diri.

"Ini menurut saya penting juga bagi Golkar untuk memastikan dirinya. Apakah hanya menyediakan media bagi orang luar untuk capres atau memang berani memperjuangkan kadernya sebagai capres?" tanya Arifki.

ARTIKEL LAINNYA