Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Didampingi Airlangga, Jokowi Pastikan Kawasan Relokasi di Cianjur Aman bagi Warga

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Senin, 05 Desember 2022, 16:53 WIB
Didampingi Airlangga, Jokowi Pastikan Kawasan Relokasi di Cianjur Aman bagi Warga
Presiden Joko Widodo meninjau kembali lokasi gempa di Kabupaten Cianjur/Ist
rmol news logo Presiden Joko Widodo kembali melakukan kunjungan ke wilayah terdampak gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Jokowi ingin memastikan langsung proses relokasi di wilayah yang terdampak gempa berjalan sesuai rencana.

"Saya ke sini untuk memastikan bahwa pertama, yang relokasi hari ini dimulai pembangunannya," kata Jokowi usai meninjau Posko Bantuan Paspampres Peduli Cianjur di Kecamatan Cugenang, Cianjur, Senin (5/12).

Presiden Jokowi yang didampingi Menko Perekonomian Airlangga Hartarto juga sempat mengunjungi Posko Yellow Clinic Golkar yang tengah memberikan bantuan pengobatan kepada ratusan warga terdampak di lokasi Pondok Pesantren Miftahul Falah Warungkondang Cianjur.

Dalam peninjauannya ke sejumlah posko di Cugenang dan Warungkondang, Jokowi juga menyapa warga yang mengungsi di posko-posko darurat. Menurut dia, para pengungsi dalam keadaan baik dan sehat.

"Ya, pengungsi tadi semuanya kami lihat sehat, tetapi yang paling banyak memang ingin agar segera pembangunan rumahnya dimulai," tambah Jokowi, dikutip Kantor Berita RMOLJabar.

Pemilihan kawasan relokasi bagi warga terdampak korban gempa, kata Jokowi, sudah melalui kajian dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) serta lembaga terkait lainnya. Dari hasil kajian tersebut, dapat disimpulkan bahwa lokasi baru akan lebih aman bagi warga.

Sementara itu, untuk bantuan bagi rumah warga terdampak yang bukan relokasi akan diberikan mulai Kamis (8/12) setelah selesai proses verifikasi. Bantuan yang diberikan yaitu Rp50 juta untuk rumah rusak berat, Rp25 juta untuk rusak sedang, dan Rp10 juta untuk rusak ringan.

Dengan pemberian bantuan bagi rumah rusak tersebut, Jokowi berharap masyarakat bisa mulai beraktivitas membangun rumahnya.

"Kami harapkan juga ada kegiatan masyarakat, ada kegiatan ekonomi, ada pergerakan ekonomi, itu yang kami harapkan," harap Jokowi.

Penyaluran bantuan tersebut akan diberikan secara langsung kepada warga dan ada pula yang melalui tabungan. Menurut Jokowi, setidaknya ada 56 ribu rumah warga yang terdampak gempa. Dia berharap pembangunan rumah-rumah warga yang rusak dapat segera selesai.

"Ini kan jumlahnya tidak sedikit, loh. Totalnya 56 ribu, bukan jumlah yang sedikit. Kami ingin secepat-cepatnya, tapi tidak dibatasi oleh waktu, dan secepat-cepatnya dimulai, secepat-cepatnya selesai, karena masyarakat sudah kehujanan, kedinginan di tenda-tenda," ujarnya.

Turut mendampingi Jokowi dalam peninjauan tersebut yaitu Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Kemudiann Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Suharyanto, Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum, Bupati Cianjur Herman Suherman serta Wakil Bupati TB Mulyana Syahrudin, yang didampingi Wakil Ketua DPRD Kab. Cianjur, Deden Nasihin. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA