Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Dahului Presiden, Mahfud MD Sudah Ucapkan Selamat ke Laksamana Yudo Margono

LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Senin, 05 Desember 2022, 21:30 WIB
Dahului Presiden, Mahfud MD Sudah Ucapkan Selamat ke Laksamana Yudo Margono
Menko Polhukam Mahfud MD/Net
Meski belum resmi dilantik oleh Presiden Joko Widodo, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD sudah menyampaikan ucapan selamat kepada Laksmana Yudo Margono yang bakal menjadi Panglima TNI menggantikan Jenderal Andika Perkasa yang purna bakti akhir Desember ini.

Menurutnya, Laksamana Yudo Margono memiliki rekam jejak sebagai prajurit TNI AL yang baik dan mampu menjadi Panglima TNI dengan baik.

"Mendahului pelantikannya, saya mengucapkan selamat mengemban tugas kepada Jenderal atau Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI yang baru. Track record dan karier Pak Yudo tidak meragukan untuk mampu melanjutkan tugas Pak Andika Perkasa,” ucap Mahfud di akun media sosialnya, Senin (5/12).

Dia menambahkan seluruh kepala staf di tubuh TNI sudah terkualifikasi dengan baik, dan mampu menjadi seorang Panglima TNI lantaran memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Baginya, Laksmana Yudo memiliki sikap yang tegas dengan kedaulatan maritim Indonesia.

"Saya kenal Pak Yudo sebagai orang yang tegas dalam menjaga kedaulatan atas laut kita. Saya pernah diajak naik kapal perang yang besar, kokoh, dan lincah ketika pada awal penugasan sebagai Menko Polhukam meninjau laut Natuna karena ada sedikit ketegangan saat itu,” ucapnya.

"Beliau fasih tentang keamanan laut dan hukum laut serta sangat cinta kepada laut kita,” imbuhnya.

DIa menambahkan selama menjadi Menko Polhukam, Mahfud memiliki kesan yang baik baginya, dan aktif menyikapi setiap gangguan atas kedaulatan laut Indonesia baik tentang hak berdaulat atas laut dan kedaulatan maritim Indonesia.

"Kemampuan Pak Andika dan Pak Yudo sama, hanya titik tekannya yang berbeda. Misalnya Pak Andika sangat konsen terkait penegakan hukum dan HAM, sedangkan Pak Yudo sangat konsen dalam menjaga kedaulatan dan hak berdaulat atas laut kita. Meski begitu, saya yakin titik perhatian Pak Andika dalam penegakan hukum dan HAM bisa tetap dilanjutkan oleh Pak Yudo,” tutupnya.
EDITOR: IDHAM ANHARI

ARTIKEL LAINNYA