Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Data Indef, Indonesia Butuh Jutaan Tenaga Kerja Bidang Digital

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Senin, 05 Desember 2022, 21:29 WIB
Data Indef, Indonesia Butuh Jutaan Tenaga Kerja Bidang Digital
Ekonom Indef Nailul Huda/Net
rmol news logo Indonesia membutuhkan jutaan tenaga kerja dalam bidang digital, lantaran pertumbuhan ekosistem digital sangat subur di Indonesia. Terlebih, Indonesia memiliki bonus demografi hingga 2035 mendatang, yang harus bisa dimanfaatkan pemerintah untuk agar pertumbuhan ekonomi nasional.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Merespons hal tersebut, Ekonom Indef Nailul Huda mengatakan bahwa memang telah terjadi gap permintaan dan penawaran digital talent.

“Bahkan ada survei yang mengatakan ada 60 persen perusahaan Tekfin yang mengaku susah mendapatkan digital talent di bidang data programming dan data analysis,“ kata Nailul, Senin (5/12).

Oleh karena itu, kata Nailul, para digital talent malah merekrut pekerja asing untuk dua posisi yakni di bidang data programming dan data analysis.

“Makanya butuh integrasi pendidikan kita dengan kebutuhan teknologi. Ini yang sampai saat ini belum ketemu,” imbuhnya.

Menurutnya, program vokasi yang dilakukan pemerintah juga disebut bisa menyiapkan tenaga kerja digital. Harapannya, pelatihan vokasi dapat menjadi solusi meningkatkan daya saing angkatan kerja dan mengurangi angka pengangguran.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA