Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Pakar Hukum: Kritik Veronica Koman ke Kaesang yang Pakai Pakaian Adat Papua Beralasan

LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Rabu, 07 Desember 2022, 08:46 WIB
Pakar Hukum: Kritik Veronica Koman ke Kaesang yang Pakai Pakaian Adat Papua Beralasan
Foto Kaesang Pangarep dan calon istrinya, Erina Gudono, ketika mengenakan pakaian adat Papua/Net
Kritik aktivis pro Papua Merdeka Veronica Koman kepada putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep dan calon istrinya Erina Gudono yang mengenakan pakaian adat Papua menuai pro kontra.

Namun, Pakar Hukum Pidana dari Universitas Trisakti Abdul Fickar Hadjar menilai wajar jika Veronica Koman mengkritik Kaesang dan calon istrinya tersebut. Sebab, Veronica sangat concern terhadap isu Hak Asasi Manusia (HAM) di Papua.

“Ya, setiap pendapat pasti ada argumennya,  demikian juga pendapat (Veronica Koman), yang mencerminkan begitu perhatiannya terhadap perkembangan masyarakat Papua. Karena itu, ketika ada peristiwa penggunaan pakaian adat dalam acara resmi pernikahan ada semacam keberatan,” kata Fickar kepada Kantor Berita Politik RMOL beberapa saat lalu di Jakarta, Rabu (7/12).

Di sisi lain, Fickar juga menilai sah-sah saja siapa pun mengenakan pakaian adat Papua. Itu lantaran Papua merupakan salah satu suku  yang ada di Indonesia yang masih eksis.

“Sah-sah saja sebagai orang Indonesia menggunakan pakaian adat salah satu suku di Indonesia,” katanya.

Namun, masih kata Fickar, jika penggunaan pakaian adat oleh anak presiden tersebut dihubungkan dengan kepedulian terhadap penderitaan orang Papua juga wajar. Itu karena hingga saat ini Papua masih memerlukan perhatian bersama.

“Saya kira ini bisa menjadi perhatian bagi kedua mempelai untuk memperhatikan penderitaan orang Papua yang belum maju,” pungkasnya.

ARTIKEL LAINNYA