Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Anggota Komisi I: Panglima TNI Harus Aktif Sinergikan Berbagai Upaya Pengamanan Laut

LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Rabu, 07 Desember 2022, 10:27 WIB
Anggota Komisi I: Panglima TNI Harus Aktif Sinergikan Berbagai Upaya Pengamanan Laut
Calon Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono/Net
Meski berlatar belakang Angkatan Laut, calon Panglima TNI Laksamana Yudo Margono diharapkan tetap mampu menjaga pertahanan negara baik di darat, laut, maupun udara.

Hal itu disampaikan anggota Komisi I DPR RI, Taufiq R ABdullah, terkait akan didapuknya Laksamana Yudo Margono menjadi Panglima TNI kepada Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (6/12).

"Panglima background-nya AL, tentu memiliki pemahaman yang memadai tentang laut, baik yang terkait dengan pertahanan negara maupun yang terkait keamanan. Karena itu, sebagai Panglima sudah seharusnya bekerja keras untuk ikut aktif mensinergikan berbagai upaya pengamanan laut yang berdampak bagi pertahanan dan kedaulatan negara,” terang Taufik.

Namun demikian, Panglima TNI diminta tidak ikut campur dengan berbagai hal tentang pengamanan laut secara teknis yang sudah dipegang oleh beberapa instansi terkait.

Karena sudah ada lembaga negara lain yang memiliki tugas dan fungsi untuk melakukan pengamana laut. Seperti Bakamla, Polisi Air, atau KKP.

"Karena salah satu masalah yang sering terjadi adalah tidak intensifnya koordinasi antarlembaga terkait. Termasuk lembaga-lembaga yang terkait dengan laut. Karena itu, Panglima bisa ambil peran dalam sinergitas ini,” tutupnya.
EDITOR: AGUS DWI

ARTIKEL LAINNYA