Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Di Arab Saudi, Puan Tegaskan Negara Harus Lindungi Segenap Tumpah Darah Indonesia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Kamis, 08 Desember 2022, 09:03 WIB
rmol news logo Kunjungan kerja dilakukan Ketua DPR RI, Puan Maharani ke pelayanan paspor bagi warga negara Indonesia (WNI) yang overstay di Arab Saudi, Rabu (7/12) waktu setempat.

Dalam kesempatan tersebut, Puan turut berinteraksi dengan WNI yang sedang menjalani proses pasporisasi yang berlangsung tanggal 10 Oktober sampai 10 Desember 2022.

Program pasporisasi sendiri merupakan kerja sama Kementerian Hukum dan HAM beserta Kementerian Luar Negeri.

“Susah enggak buatnya? Apakah bertele-tele? Dipersulit atau ada pungli enggak?” tanya Puan kepada seorang WNI bernama Kholifah (46) di KJRI Jeddah, Saudi.

Kepada Puan, Kholifah menyebut program pasporisasi cukup bermanfaat bagi dirinya yang bekerja sebagai Pekerja Migran Indonesia (PMI).

“Lancar semua. Saya senang banget ada program ini,” jawab Kholifah.

Interaksi kembali dilanjutkan Puan dengan WNI lain yang sedang memproses paspor. Salah satunya Sayati binti Madawi, yang sudah tinggal di Jeddah selama 20 tahun.

Kepada Puan, Sayati mengaku sudah tidak memegang paspor Indonesia sejak tahun 2015. Di tempat itu, ia juga  mendaftarkan anaknya untuk dibuatkan paspor Indonesia.

“Minta tolong ibu supaya pembuatan paspor anak saya diperlancar. Katanya fotonya beda. Di paspor lama (yang sudah kedaluwarsa) masih kecil, sekarang anak saya sudah besar,” kata Sayati.

Puan pun menegaskan bahwa negara akan memberi perlindungan kepada seluruh WNI, di mana pun mereka berada.

“Tugas konsitusional negara Republik Indonesia adalah melindungi segenap tumpah darah Indonesia. Itu tidak hanya berlaku di Tanah Air saja, tetapi di mana ada orang Indonesia, di situ negara harus hadir untuk melindungi,” kata Puan.

KJRI Jeddah pun memberi pelayanan pasporisasi bagi WNI hingga ke wilayah Thaif dan Madinah. Selain di Jeddah, penerbitan paspor bagi WNI overstay di Arab Saudi juga berlangsung di KBRI Riyadh.

Puan turut didampingi Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H Laoly,; Dubes RI untuk Saudi, Abdul Aziz Ahmad; dan Konsul Jenderal RI di Jeddah, Eko Hartono. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA