Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Firli Bahuri Pastikan Penyelidikan Formula E Tidak Terganggu pada Kekuasaan Mana Pun

LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Kamis, 08 Desember 2022, 13:40 WIB
Firli Bahuri Pastikan Penyelidikan Formula E Tidak Terganggu pada Kekuasaan Mana Pun
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri/RMOL
Proses penyelidikan penyelenggaraan Formula E di DKI Jakarta dipastikan masih berjalan dan tidak terganggu dengan kekuasaan manapun.

Hal itu ditegaskan langsung oleh Ketua KPK, Firli Bahuri saat ditanya perkembangan terkait penyelidikan Formula E di DKI Jakarta.

"Pada prinsip kerja KPK, kami tidak pernah terganggu dengan kekuasaan manapun, itu UU menyebutkan," ujar Firli kepada wartawan di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada Kav 4, Setiabudi, Jakarta Selatan, Kamis (8/12).

KPK adalah lembaga negara dalam rumpun eksekutif. Dalam pelaksanaan pun, kata Firli, tugas dan wewenangnya tidak terpengaruh kepada kekuasaan manapun.

"Jadi tidak ada pengaruh dengan hal-hal, kegiatan-kegiatan lain karena pada prinsipnya, apa yang dilakukan KPK adalah penegakan hukum," tegas Firli.

Soal perkembangan penyelidikan, Firli memastikan pada saatnya akan menyampaikan kepada publik.

KPK juga menegaskan tetap berkerja berdasarkan asas-asas pelaksanaan tugas pokok, yakni demi kepentingan umum, kepastian hukum, keadilan, transparan, proporsionalitas dan menjunjung tinggi HAM.

Karena itu, KPK tidak akan menersangkakan seseorang, kecuali tersebut karena perbuatannya, dan atau keadaannya berdasarkan bukti permulaan patut diduga sebagai atau selaku tindak pidana.

"Jadi KPK tidak pernah menarget seseorang untuk jadi tersangka, nggak ada. Itu yang harus dipastikan itu," pungkas Firli.
EDITOR: DIKI TRIANTO

ARTIKEL LAINNYA