Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Jokowi Turun ke Lokasi Bencana Gempa Cianjur, Bagi-bagi Bantuan dan Instruksikan Pembenahan

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Kamis, 08 Desember 2022, 14:00 WIB
Jokowi Turun ke Lokasi Bencana Gempa Cianjur, Bagi-bagi Bantuan dan Instruksikan Pembenahan
Presiden Jokowi kembali mengunjungi lokasi gempa Cianjur, Jawa Barat/Ist
Daerah terdampak gempa bumi magnitudo 5,6 di Cianjur, Jawa Barat, dikunjungi Presiden Joko Widodo pada Kamis (8/12).

Jokowi mengajak Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Darat Letjen TNI Agus Subiyanto.

Kunjungan Jokowi ke lokasi bencana gempa Ciajur disambut Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, Kapolda Jawa Barat Irjen Pol. Suntana, dan Bupati Cianjur Herman Suherman.

Para pejabat pemerintah pusat dan daerah itu mendampingi Jokowi untuk menjalani sejumlah agenda di lokasi bencana di wilayah Cianjur.

Agenda pertama yang dilakukan Jokowi adalah mengunjungi posko pengungsian bencana yang dibuaut Badan Intelejen Negara (BIN) di Desa Cijendil, Kecamatan Cugenang. Di sini dia membagikan bantuan makanan dan sembako.

"Ini nasi dan ayam, dibawa dari Jakarta," ucap Presiden sambil membagikan makanan cepat saji dan juga sembako kepada para pengungsi.

Setelah itu Jokowi bertolak ke Lapangan Tembak Tapal Kuda Yonif Raider 300, Kecamatan Karangtengah, Cianjur untuk menyerahkan bantuan stimulan untuk perbaikan rumah warga terdampak.

Jokowi menuturkan, bantuan stimulan itu dinaikan. Dimana untuk kategori rusak berat dari Rp 50 juta menjadi Rp 60 juta, rusak sedang dari Rp 25 juta emnjadi Rp 30 juta, dan rusak ringan dari Rp 10 juta menjadi Rp 15 juta.

"Titipan saya agar pembangunannya segera dimulai, rumah-rumah yang runtuh segera dibersihkan dari puing-puing. Batu batanya yang bisa dipakai dibersihkan dipakai lagi. Kayunya yang bisa dipakai juga agar bisa dipakai lagi," harapnya.

Di lokasi yang sama dengan pemberian bantuan stimulan, mantan Walikota Solo ini melihat-lihat  rumah contoh tahan gempa bersama Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto.

Barulah pasca itu Jokwoi berkunjung ke Desa Cibulakan, Kecamatan Cugenang yang juga menjadi lokasi paling terdampak gempa. Di sini Jokowi memberikan arahan kepada Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo dan Kapolda Jawa Barat Irjen Pol. Suntana.

"Saya minta saja TNI, Polri mulai digerakkan untuk membersihkan [kawasan ini, Cugenang]. Di lapangan harus mulai menggerakkan masyarakat untuk membantu membersihkan. Jadi nanti seminggu lagi ke sini diharapkan sudah mulai bersih dan sudah mulai ada kegiatan membangun rumah," ujarnya.

Dari desa itu, Jokowi kemudian beralih ke Desa Benjot, Kecamatan Cugenang untuk meninjau Sekolah Dasar Negeri (SDN) Sukamaju. Dia melihat bangun sekolah yang roboh di lokasi itu. Sehingga memerintahkan jajarannya untuk segera membangun kembali fasilitas pendidikan tersebut.

"Saya tadi sudah perintahkan ke Menteri PU untuk yang sekolah dasar ini selesai tiga bulan harus selesai karena anak-anak harus belajar," demikian Jokowi.

ARTIKEL LAINNYA