Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Fuad Bawazier Menduga Jokowi Ingin Tetap Berkuasa demi Menuntaskan IKN

LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Kamis, 08 Desember 2022, 16:24 WIB
Fuad Bawazier Menduga Jokowi Ingin Tetap Berkuasa demi Menuntaskan IKN
Mantan Menteri Keuangan, Fuad Bawazier/Net
Ambisi Presiden Joko Widodo untuk melanjutkan proyek pembangunan Ibukota Negara (IKN) Nusantara dinilai berlebihan oleh kelompok akademisi.  Kelompok yang menolak pembangunan IKN ini menilai megaproyek tersebut akan banyak menghabiskan uang negara. Terlebih belum ada investor yang telah meneken surat kerjasama secara resmi.

Mantan Menteri Keuangan Fuad Bawazier menuturkan, ambisi tersebut muncul seiring adanya UU IKN yang diharapkan tidak akan mengganggu proses pembangunan IKN meski telah berganti kepemimpinan.

"Tidak cuma itu, bahkan menduga telah mendorong Jokowi ingin tetap berkuasa lagi untuk menuntaskan IKN,” tegas Fuad kepada Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (8/12).

Padahal, IKN merupakan megaproyek dengan waktu pembangunan yang membutuhkan puluhan tahun.

"Makanya saya percaya Presiden dan DPR yang akan datang itu akan menyetop proyek ini, sekurang kurangnya akan dialihkan menjadi entah apalah tapi bukan ibukota baru,” katanya.

Fuad juga menegaskan, proyek IKN memang tidak logis. Ha ini sekaligus membenarkan apa yang disampaikan Bloomberg dalam analisisnya bahwa investasi proyek IKN sangat berantakan.

"Jujur saja, semakin kita dalami semakin tidak logis proyek IKN ini. Misalnya, bagaimana mau memindahkan ASN dari JKT ke IKN?”ujarnya.

"Tapi mungkin juga Presiden Indonesia yang akan datang lebih memilih cut loss daripada menjadi penyakit yang berkepanjangan? Belum lagi jika Pemerintah harus memikirkan gedung gedung yang sekarang dipakai pemerintah, mau dikemanakan?” demikian Fuad.
EDITOR: AGUS DWI

ARTIKEL LAINNYA