Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Panwaslih Aceh: Safari Politik Anies Baswedan Bukan Kampanye

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Kamis, 08 Desember 2022, 16:52 WIB
Panwaslih Aceh: Safari Politik Anies Baswedan Bukan Kampanye
Ketua Panwaslih Aceh, Faizah (tengah) dalam sebuah konferensi pers beberapa waktu lalu/RMOLAceh
rmol news logo Kegiatan safari politik Anies Baswedan di Aceh beberapa waktu lalu bukan bagian atau termasuk kegiatan kampanye. Sebab, Anies bukan merupakan peserta Pemilihan Umum (Pemilu).

"Menurut saya belum masuk (kampanye) karena Anies bukan peserta kampanye maupun Pemilu," kata Ketua Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Aceh, Faizah, kepada Kantor Berita RMOLAceh, Kamis (8/12).

Menurut Faizah, karena sudah dilaporkan ke Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI, maka pihak Bawaslu wajib menerima semua bentuk laporan. Kemudian laporan tersebut diperiksa dan dianalisis untuk menentukan apakah hal tersebut merupakan pelanggaran pemilu atau tidak.

"Jika pelanggaran Pemilu, maka akan dilihat apakah pelanggaran administrasi atau pidana," terang Faizah.

Saat ini, lanjut Faizah, Bawaslu sedang menunggu pelapor untuk melengkapi semua persyaratan formil dan materil guna dilakukan proses lebih lanjut.

"Jika terpenuhi maka akan diproses," ujarnya.

Sebelumnya, kegiatan safari politik bakal calon presiden (bacapres) yang diusung Partai Nasdem, Anies Baswedan, dilaporkan oleh sejumlah orang ke Bawaslu RI.

Anggota Bawaslu RI, Puadi menjelaskan, pihaknya menerima kadatangan sejumlah orang yang mengatasnamakan diri sebagai Aliansi Pemuda Cinta Demokrasi di kantornya di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (6/12).

"Mereka melaporkan peristiwa kampanye yang dilakukan Anies Baswedan di Aceh pada tanggal 2 Desember 2022," ujar Puadi seperti diberitakan Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (7/12). rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA