Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Ali Munhanif: Kalau Parpol Tidak Direformasi, Kita Tidak Bisa Berharap Bagaimana Demokrasi di Masa Depan

LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Kamis, 08 Desember 2022, 18:08 WIB
Ali Munhanif: Kalau Parpol Tidak Direformasi, Kita Tidak Bisa Berharap Bagaimana Demokrasi di Masa Depan
Dekan FISIP UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof. Dr. Ali Munhanif/Repro
Reformasi partai politik merupakan sebuah kebutuhan yang bersifat krusial jika melihat praktik demokrasi di Tanah Air dewasa ini.

Jika tidak, demokrasi Indonesia di masa mendatang akan terancam, mengingat demokrasi mengalami penurunan kualitas.

Begitu kata Dekan FISIP UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof. Dr. Ali Munhanif, MA acara The 15th Bali Democracy Forum bertajuk “Refleksi atas Menurunnya Kualitas Demokrasi di Asia Tenggara” pada Kamis (8/12).

“Reformasi politik belum terjadi pada reformasi parpol. Padahal partai adalah instrumen demokrasi paling utama. Maka kita juga percaya bahwa partai semestinya mendapatkan perhatian untuk reformasi,” kata Ali Munhanif.

“Mengapa? Tanpa reformasi perilaku partai maka kita juga akan tidak bisa berharap banyak bagaimana demokrasi di masa depan,” sambungnya.

Menurut Ali Munhanif, parpol harus direformasi akan bisa memperbaiki sistem pemerintahan yang lebih demokratis. Ini juga berdampak pada upaya menyejahterakan rakyat Indonesia.

“Yang mendambakan partisipasi publik transparansi, orientasi pada good governance, maupun orientasi pada kesejahteraan dan kemajuan masyarkat,” demikian Ali Munhanif.

ARTIKEL LAINNYA