Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Analisa Jamiluddin Ritonga, PAN Dilematis soal Dukungan Ganjar-Erick

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/angga-ulung-tranggana-1'>ANGGA ULUNG TRANGGANA</a>
LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Kamis, 08 Desember 2022, 21:06 WIB
Analisa Jamiluddin Ritonga, PAN Dilematis soal Dukungan Ganjar-Erick
Pengamat komunikasi politik Universitas Esa Unggul, M. Jamiluddin Ritonga/Net
rmol news logo Muncul kesanada perbedaan pendapat antara Ketum PAN Zulkifli Hasan dan Sekjennya Eddy Soeparno terkait pasangan capres yang akan diusung PAN.

Pandangan itu disampaikan pengamat komunikasi politik Universitas Esa Unggul, M. Jamiluddin Ritonga kepada Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (8/12).

Jamiludin mengamati, Ketum PAN Zulhas memang pernah menyatakan mendukung Ganjar Pranowo-Erick Thohir. Namun demikian, dukungan itu didasarkan banyaknya dukungan dari DPW PAN.

"Zulhas tidak menyatakan dukungan itu hasil keputusan DPP PAN," demikia analisa Jamiluddin.

Atas dasar itu, wajar kiranya kalau Sekjen PAN menyatakan dukungan kepada Ganjar-Erick baru sebatas wacana. Sebab, keputusan tertinggi di PAN memang belum ada terkait pasangan yang akan diusung.

Ia berpandangan,  pernyataan Sekjen PAN  tampaknya untuk menegaskan pernyataan Ketumnya mengenai maksud mendukung Ganjar-Erick. Ia berpendapat, Eddy berharap masyarakat tidak salah memahami maksud pernyataan ketumnya.

Dalam pandangan Jamiluddin, PAN memang dilematis dalam mengusung capres. Sebab, elitnya terkesan ingin mengusung Ganjar. Contohnya, elit PAN seperti Aria Bima.

"Hanya saja, keinginan elit PAN mengusung Ganjar terkesan tidak etis. Sebab  Ganjar kader PDIP, yang seharusnya ada tata kramanya bila ingin mengusungnya," pungkasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA