Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Polldesk Ungkap Alasan Masyarakat Puas terhadap Kerja Menteri BUMN

LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Jumat, 09 Desember 2022, 23:06 WIB
Polldesk Ungkap Alasan Masyarakat Puas terhadap Kerja Menteri BUMN
Direktur Lembaga Riset dan Konsultasi, Political Literacy Desk (Polldesk), Dr Faisal Riza/Net
Catatan apik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) disinyalir menjadi alasan publik masih cukup puas dengan kinerja Menteri BUMN, Erick Thohir.

Direktur Lembaga Riset dan Konsultasi, Political Literacy Desk (Polldesk), Dr Faisal Riza memaparkan, ada sejumlah catatan dalam kinerja Kementerian BUMN.

Salah satunya unifikasi bank syariah milik negara ke dalam bentuk Bank Syariah Indonesia (BSI).

"Kemudian soal motto AKHLAK BUMN (amanah, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif) bisa menjadi senjata untuk pencapain BUMN ke depan," kata Riza dalam keterangan tertulisnya, Jumat (9/12).

Akademisi UIN Sumatera Utara ini lantas menyinggung soal rencana BUMN menjadi pembeli siaga hasil tani. Jika hal ini benar-benar diwujudkan, maka kepuasan publik akan makin meningkat.

"Ini akan jadi kinerja luar biasa," sambungnya.

Di sisi lain, Faisal punya catatan lain soal kinerja Kementerian BUMN, salah satunya soal kenaikan harga BBM. Ia mendorong agar Menteri BUMN bisa mengintervensi pasar agar harga BBM kembali normal.

"Bahan bakar ini kan yang menyentuh langsung ke rakyat, jangan dilepas begitu saja," begitu masukan Faisal.

Menteri BUMN dalam survei Poltracking Indonesia berada di urutan kedua sebagai menteri yang dinilai berkinerja memuaskan. Erick dipilih sebanyak 59,4 persen responden, berada satu tingkat di bawah Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto dengan tingkat kepuasan publik 61,4 persen.

Survei Poltracking digelar pada 21-27 November 2022 dengan melibatkan 1.220 responden. Margin of error survei tersebut kurang lebih 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.
EDITOR: DIKI TRIANTO

ARTIKEL LAINNYA