Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Emrus Sihombing: Di Antara Kandidat Capres, Hanya Airlangga yang Kedepankan Isu Ekonomi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Rabu, 14 Desember 2022, 13:18 WIB
Emrus Sihombing: Di Antara Kandidat Capres, Hanya Airlangga yang Kedepankan Isu Ekonomi
Pakar komunikasi politik, Emrus Sihombing/Net
rmol news logo Ekonomi menjadi isu yang sangat penting dalam kontestasi Pemilihan Presiden 2024. Apalagi, pemilih rasional tampaknya akan cenderung menjadikan isu ekonomi sebagai dasar pertimbangan utama dalam memilih sosok pemimpin.

"Secara substansial, memang isu yang paling penting itu isu ekonomi, karena itu menyangkut kesejahteraan. Tetapi acap kali di ruang publik dieksploitasi oleh orang-orang tertentu bukan di isu ekonomi, tapi dibawa ke isu-isu yang sifatnya politik identitas yang sempit dan emosional," kata pakar komunikasi politik, Emrus Sihombing, kepada wartawan, Rabu (14/12).

Menurutnya, salah satu yang bisa dijadikan jagoan oleh kandidat calon presiden  adalah menjadikan isu ekonomi untuk modal memenangkan suara publik.

"Terus terang saya mengatakan semua kandidat yang ada di Indonesia, kecuali Airlangga Hartarto, belum ada yang mengedepankan isu ekonomi," tegasnya.

Namun demikian, Emrus juga mencatat kelemahan Airlangga Hartarto. Menurutnya, Airlangga terlalu sibuk bekerja sehingga cenderung lupa dengan komunikasi dengan publik. Emrus menyarankan Airlangga membentuk tim komunikasi politik dan tim komunikasi pemasaran politik.

Lebih jauh, Emrus juga mendorong Airlangga Hartarto berpasangan dengan Puan Maharani pada Pemilu 2024. Menurutnya, kedua tokoh ini bisa membawa Indonesia lebih maju, sejahtera, dan kestabilan politik.

"Jadi kemampuan di bidang ekonomi dipasangkan dengan tokoh yang menguasai bidang sosial-politik yang di-back up oleh PDIP,”demikian Emrus. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA