Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kalau Mau Jadi Cawapres, Kans Ridwan Kamil dan Moeldoko Lebih Terbuka

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Jumat, 16 Desember 2022, 23:53 WIB
Kalau Mau Jadi Cawapres, Kans Ridwan Kamil dan Moeldoko Lebih Terbuka
LSN menilai Ridwan Kamil dan Moeldoko punya potensi besar kalau mau jadi cawapres pada 2024/Net
rmol news logo Sosok Gubernur Jabar, Ridwan Kamil dan Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko memiliki kans besar untuk menjadi Calon Wakil Presiden (Cawapres) dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Hal ini didukung oleh makin moncernya elektabilitas dua sosok tersebut dalam hasil survei terbaru Lembaga Survei Nasional (LSN).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Peneliti senior LSN, Gema Nusantara Bakry menjelaskan, ada empat tokoh yang paling dinominasikan publik sebagai Cawapres. Yakni Ridwan Kamil dengan keterpilihan 23,8 persen; Sandiaga Uno 8,7 persen; Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 12,4 persen; dan Moeldoko 10,5 persen.

"Ridwan Kamil jika disimulasikan berpasangan dengan Capres (calon presiden) manapun (Prabowo, Ganjar atau Anies) meraih elektabilitas tertinggi," jelas Gema melalui sambungan virtual, Jumat (16/12).

Menurutnya, Sandiaga juga memiliki tingkat keterpilihan tinggi jika dipasangkan dengan Ganjar maupun Prabowo. Kemudian, AHY hanya memiliki elektabilitas yang tinggi jika menjadi mendampingi Anies Baswedan. Moeldoko juga punya peluang keterpilihan cukup tinggi jika menjadi cawapresnya Ganjar.

Meski begitu, Gema menuturkan, dua tokoh itu bisa saja menjadi kuda hitam dalam Pilpres 2024 untuk menjadi capres. Hal itu bisa terjadi asalkan para sukarelawan keduanya benar-benar melakukan tugas dan fungsinya dalam menyosialisasikan 'jagoannya' ke masyarakat.

Selain menyosialisasikan kepada masyarakat, keduanya juga harus melakukan komunikasi dengan partai politik agar mau meminangnya sebagai capres. Pasalnya, dua tokoh tersebut hingga saat ini belum memiliki partai untuk menjadi kendaraan politik pada Pilpres 2024.

Berdasarkan hasil survei LSN, dua tokoh tersebut berada di klaster capres papan tengah yang terdiri dari beberapa tokoh dengan elektabilitas antara 2 persen hingga 8 persen.

Mereka yang termasuk dalam klaster ini adalah Ridwan Kamil (7,3 persen), Moeldoko (4,1 persen), Andika Perkasa (2,7 persen), Sandiaga Uno (2,5 persen), AHY (2,4 persen), dan Erick Thohir (2,0 persen).

Sementara untuk klaster pertama capres 2024, terdiri dari Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan. Tingkat elektabilitas masing-masing berkisar antara 20-25 persen dan terpaut jauh dengan elektabilitas capres di bawahnya.

"KSP Moeldoko dan Ridwan Kamil (RK) sebenarnya juga berpotensi menyodok ke papan (capres) atas dalam sisa waktu 14 bulan menjelang Pilpres 2024," tutupnya.

Survei LSN ini dilaksanakan pada 16 sampai 29 November 2022 di 34 provinsi yang tersebar di seluruh Indonesia.

Populasi survei ini adalah seluruh penduduk Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas atau belum 17 tahun tapi sudah menikah. Total sampel sebesar 1.420 responden diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara acak bertahap (multi-state random sampling).

Batas kesalahan (margin of error) +/- 2,6 persen dan pada tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95 persen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara tatap muka dengan responden, dilaksanakan oleh tenaga terlatih di 34 provinsi dengan pedoman kuesioner. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA