Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PKS Desak Pemerintah Penuhi Pasokan Kebutuhan Solar untuk Nelayan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/angga-ulung-tranggana-1'>ANGGA ULUNG TRANGGANA</a>
LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Rabu, 21 Desember 2022, 19:42 WIB
PKS Desak Pemerintah Penuhi Pasokan Kebutuhan Solar untuk Nelayan
Anggota Komisi VII DPR RI, Mulyanto/Net
rmol news logo Pemerintah didesak memperhatikan pasokan dan harga BBM bersubsidi untuk nelayan. Sebab sudah beberapa bulan belakangan ini pasokan BBM bagi nelayan terus berkurang. Kalaupun ada, harganya lebih mahal dari yang semestinya.

Anggota Komisi VII DPR RI, Mulyanto mengatakan pemerintah harus memperhatikan hajat hidup para nelayan kecil. Salah satunya, dengan memenuhi kebutuhan solar mereka dalam jumlah yang cukup  dan dengan harga subsidi.

Ia menjelaskan, saat ini banyak nelayan dan koperasinya mengeluhkan kelangkaan solar dan melejitnya harga solar di lapangan. HPendapat Mulyanto. kondisi ini tentu akan membuat mereka semakin terpuruk di mana Pandemi Covid-19 juga belum usai benar.

Atas dasar itu, Mulyanto memminta Pemerintahmembangun SPBU khusus nelayan dalam jumlah yang cukup termasuk juga kuota solarnya.

"Jangan sampai nelayan terpaksa membeli solar kepada tengkulak dengan harga yang mencekik," demikian kata Mulyanto, Rabu (21/12).

Ia juga meminta BPH Migas mengawasi betul kuota solar untuk nelayan ini. Beberapa program yang penting diawasi diantaranya: program kartu BBM untuk nelayan dari Kementerian ESDM atau program solar untuk koperasi nelayan dari Menteri BUMN.

"Jangan malah jadi menghambat dan mempersulit akses nelayan miskin untuk mendapatkan solar bersubsidi yang menjadi hak mereka," tegasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA