Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Melalui Gerakan Sadari, Perempuan Indonesia Bisa Menjalani Kehidupan Lebih Sehat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Rabu, 21 Desember 2022, 23:59 WIB
Melalui Gerakan Sadari, Perempuan Indonesia Bisa Menjalani Kehidupan Lebih Sehat
Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat/Net
rmol news logo Gerakan deteksi dini dengan metode periksa payudara sendiri (SADARI) kanker payudara menjadi gerakan masyarakat untuk meningkatkan kualitas kesehatan perempuan Indonesia.

Demikian disampaikan Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat, saat memberi sambutan pada acara pelatihan deteksi dini dengan metode periksa payudara sendiri (SADARI) dalam rangka peringatan Hari Ibu 22 Desember, Rabu (21/12).

"Indonesia yang sehat adalah Indonesia yang dipenuhi oleh perempuan-perempuan sehat. Indonesia yang kuat adalah Indonesia dengan perempuan-perempuan yang mampu 'tegak' berdiri," kata Rerie, sapaan akrabnya.

Selain Reri, acara tersebut juga dihadiri Ketua DPP Partai Nasdem bidang Perempuan dan Anak, Amelia Anggraini; dr. Cristina Maria (Yayasan Muda Giat Peduli); Ir. Nani Firmansyah (Yayasan Kanker Payudara Indonesia); peserta pelatihan secara daring dan luring dari Jabodetabek; dan komunitas relawan penyintas kanker Pantura Cancer Community (Pancacom) dari Jawa Tengah.

Menurut  Rerie, upaya membangun kesadaran para perempuan terkait kesehatan dirinya dan masyarakat akan menghasilkan keluarga yang sehat.

Metode SADARI dalam rangka deteksi dini kanker payudara untuk kemudian dilanjutkan pemeriksaan secara klinis (SADANIS), merupakan bagian dari upaya meningkatkan kualitas kesehatan perempuan Indonesia.

Apalagi, tambah anggota Komisi X DPR RI itu, dampak kanker payudara stadium lanjut tidak hanya semata berimbas pada kesehatan fisik pasien, tetapi juga sisi psikologis dan ekonomi keluarga.

Padahal, tegas anggota Majelis Tinggi Partai Nasdem itu, sejatinya kanker payudara bisa dihindari dengan membiasakan pemeriksaan kesehatan diri sendiri sejak dini.

Pada kesempatan itu, Rerie yang merupakan penyintas kanker payudara itu berpesan kepada para penyintas kanker payudara agar bisa berdamai dengan kematian.

Selagi masih memungkinkan, rayakanlah kehidupan antara lain dengan mengajak seluruh perempuan Indonesia melakukan deteksi dini kanker payudara.

Dalam kesempatan itu, para ibu yang tergabung dalam komunitas penyintas kanker Pancacom menceritakan pengalamannya melakukan sosialisasi deteksi dini kanker payudara dari desa ke desa dengan metode SADARI lewat kegiatan arisan dan pengajian. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA