Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Soal Banjir Jakarta, Jokowi: Siapa Pun Gubernurnya Harus Konsisten

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Jumat, 23 Desember 2022, 14:24 WIB
Soal Banjir Jakarta, Jokowi: Siapa Pun Gubernurnya Harus Konsisten
Presiden Jokowi saat meresmikan Bendungan Ciawi dan Bendungan Sukamahi di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat pagi (23/12)/RMOL
rmol news logo Kota Jakarta memiliki tiga permasalahan besar dari waktu ke waktu, yaitu banjir, kemacetan, dan tata ruang.

Demikian disampaikan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo saat meresmikan Bendungan Ciawi dan Bendungan Sukamahi di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat pagi (23/12).

Presiden meminta agar permasalahan tersebut, dapat ditangani dengan manajemen yang baik secara konsisten dan komprehensif melalui peningkatan kerja sama atau sinergitas dengan berbagai pihak atau para pemangku kepentingan.

"Sekarang kita berbicara urusan banjir. Banjir di Jakarta itu siapa pun Gubernurnya harus konsisten menyelesaikannya," kata Jokowi seperti dikutip redaksi.

Jokowi pun meminta Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil agar persoalan banjir Jakarta dapat dituntaskan secara konsisten, baik yang berkaitan dengan waduk atau bendungan.

"Kemudian normalisasi 13 sungai yang ada di Jakarta, urusan Sodetan Ciliwung menuju BKT itu harus segera diselesaikan, tanggul laut, dan Giant Sea Wall, serta pengelolaan pompa-pompa yang ada dengan manajemen yang lebih baik. Kalau tidak selesai, sampai kapan Jakarta akan selalu banjir ," terangnya.

Ia menambahkan, Bendungan Ciawi mulai dibangun secara bertahap sejak tahun 2016. Memiliki volume tampung 6,05 juta m3 dan luas genangan 39,49 hektar.

Bendungan ini didesain untuk mengurangi debit banjir yang masuk ke Jakarta dengan menahan aliran air dari Gunung Gede dan Gunung Pangrango sebelum sampai ke Bendung Katulampa yang kemudian mengalir ke Sungai Ciliwung.

"Insya Allah kurang lebih nanti 12 kelurahan tidak  terdampak lagi karena adanya bendungan ini," demikian Presiden Joko Widodo.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA