Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Strategi Pencegahan Bawaslu di Pemilu 2024: Galakkan Desa Anti Politik Uang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Sabtu, 24 Desember 2022, 13:57 WIB
Strategi Pencegahan Bawaslu di Pemilu 2024: Galakkan Desa Anti Politik Uang
Anggota Bawaslu RI, Puadi/Net
rmol news logo Langkah pencegahan praktik politik uang dalam pelaksanaan Pemilu Serentak 2024 mendatang terus dilakukan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dengan sejumlah strategi.

Anggota Bawaslu RI, Puadi menjelaskan, jajarannya didaerah telah berhasil membuat percontohan langkah pencegahan politik uang yang efektif.

Percontohan tersebut, disebutkan Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran, Data dan Informasi ini adalah "Desa Anti Politik Uang" yang berada di Batu, Malang, Jawa Timur.

Ia menuturkan, desa itu sudah cukup terkenal, karena warganya menolak dengan tegas tindakan politik uang sebagai perilaku curang yang kerap dilakukan kontestan pemilu.

"Itu dalam rangka mendorong partisipasi masyarakat mengawasi perilaku curang dalam Pemilu seperti politik uang atau vote buying," ujar Puadi saat dihubungi wartawan, Sabtu (24/12).

Mantan Anggota Bawaslu DKI Jakarta ini memandang, politik uang adalah bagian dari perilaku koruptif yang biasanya dimainkan kandidat-kandidat yang menjadi peserta pemilihan maupun tim suksesnya.

Maka dari itu, Puadi menilai langkah pencegahan perilaku curang itu mesti dipahami seluruh masyarakat. Karenanya Bawaslu terus memberikan edukasi dalam setiap langkah pencegahan yang dilakukan.

"Politik uang dalam setiap pemilu menjadi fenomena yang perlu diantisipasi, sebab akan merusak integritas pemilu," tuturnya.

"Hanya saja untuk pendekatannya tidak hanya sekedar seremonial, tetapi harus diikuti dengan edukasi yang berkelanjutan kepada masyarakat," demikian Puadi menambahkan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA