Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Refleksi Akhir Tahun, Ketahanan Pangan Masih Jadi PR Besar Indonesia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Kamis, 29 Desember 2022, 09:35 WIB
Refleksi Akhir Tahun, Ketahanan Pangan Masih Jadi PR Besar Indonesia
Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo/Net
rmol news logo Berbagai gejolak dan dinamika terjadi di Indonesia sepanjang tahun 2022. Dari soal pandemi, situasi politik jelang 2024, hingga soal ketahanan pangan yang terimbas dari kondisi global.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa
 
Anggota DPD RI Fahira Idris mengatakan, sepanjang 2022 isu ketahanan pangan masih jadi persoalan karena terimbas pandemi, hingga konflik Rusia-Ukraina yang mengancam krisis pangan dunia.
 
“Ketahanan pangan masih jadi PR besar kita. Tahun 2022 ini membuka mata kita bahwa ketahanan pangan dunia sejatinya sangat rapuh," kata Fahira kepada redaksi, Kamis (29/12).

Sebagai bangsa besar, Indonesia mau tidak mau harus memformulasikan politik dan strategi pangan agar lebih kuat terhadap gejolak global yang kapan saja bisa terjadi.
 
Sejak Indonesia merdeka, para pendiri bangsa sudah mengingatkan pentingnya ketahanan pangan karena meyakini krisis pangan akan selalu membayangi dunia. Oleh karenanya, para pendiri bangsa meletakkan dasar politik pangan Indonesia bukan lagi inward looking atau berorientasi ke dalam, tetapi sudah outward looking atau mampu memberi sumbangsih bagi ketersediaan pangan dunia.
 
“Kekuatan ekonomi Indonesia sejatinya ada di sektor pangan. Makanya, negeri ini didesain bukan hanya mampu mencukupi pangannya bagi rakyatnya sendiri, tetapi mampu memberi sumbangsih bagi ketersediaan pangan dunia," tutupnya. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA