Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Panji Matra Angkatan Laut Diserahkan Panglima TNI, Muhammad Ali Sah Jabat KSAL

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/bonfilio-mahendra-1'>BONFILIO MAHENDRA</a>
LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA
  • Kamis, 29 Desember 2022, 11:34 WIB
Panji Matra Angkatan Laut Diserahkan Panglima TNI, Muhammad Ali Sah Jabat KSAL
Serah terima panji Jalesveva Jayamahe dari Laksamana TNI Yudo Margono ke Laksamana TNI Muhammad Ali/Ist
rmol news logo Panglima TNI Laksamana Yudo Margono melakukan serah terima jabatan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) kepada Laksamana Muhammad Ali di Lapangan Trisula, Markas Besar AL, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (29/10). Ini sekaligus menjadi pengesahan jabatan KSAL disandang Laksamana Muhammad Ali.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

"Baru saja tadi kita saksikan bersama upacara serah terima Kepala Staf Angkatan Laut dari saya kepada Laksamana Muhammad Ali, dan pada hari ini tentunya sudah sah," kata Yudo Margono.

Dalam upacara serah terima jabatan ini, pasukan khusus TNI AL hingga Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) ikut hadir.

"Pada hari ini kita hadirkan seluruh prajurit TNI AL yang tadi disampaikan dengan seragam lengkapnya. Jadi pada upacara hari ini kita tunjukkan kepada seluruh tamu undangan semuanya, bahwa ini adalah uniform prajurit Jalasena Samudera, baik uniform secara TNI maupun secara universal," tutur Panglima TNI.

Masih dalam upacara, tampuk kepemimpinan tertinggi matra TNI Angkatan Laut resmi bergeser dengan diserahkannya Panji Jalesveva Jayamahe dari Laksamana TNI Yudo Margono ke Laksamana TNI Muhammad Ali.

Seiring upacara serah terima jabatan ini, Yudo menyebut dirinya kini bisa fokus menjadi Panglima TNI. Mengurusi tiga matra yakni Angkatan Darat, Angkatan Laut, Angkatan Udara.

"Saya kira dengan tugas ini nanti sudah sah di Laksamana Ali, tentunya nanti saya bisa melaksanakan tugas-tugas, fokus pada tugas Panglima TNI," kata Yudo.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo melantik Laksamana Muhammad Ali sebagai Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) pengganti Laksamana Yudo Margono di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (28/12).

Pengangkatan Laksamana Muhammad Ali berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 100/TNI Tahun 2022 tanggal 28 Desember 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Staf Angkatan Laut, sekaligus menaikkan pangkatnya dari Laksamana Madya TNI menjadi Laksamana TNI.

Sebelum menjabat sebagai KSAL, Muhammad Ali adalah seorang Perwira Tinggi TNI Angkatan Laut bintang 3 lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) tahun 1989 yang kerap menempati posisi strategis di matra TNI AL.

Jabatan terakhirnya sebelum diangkat adalah KSAL adalah Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I.

Selain itu, Ajudan Wapres RI Boediono (2012-2014) ini pernah menjabat sebagai Gubernur AAL dan Asrena KSAL. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA