Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jamiluddin Menilai 2 Menteri Ini Layak Direshuffle

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Kamis, 29 Desember 2022, 13:59 WIB
Jamiluddin Menilai 2 Menteri Ini Layak Direshuffle
Pengamat politik dari Universitas Esa Unggul, Jamiluddin Ritonga/Net
rmol news logo Kalau Presiden Joko Widodo jadi melakukan reshuffle kabinetnya, maka menteri di bidang ekonomi potensial untuk digeser. Karena tantangan yang dihadapi tahun depan sangat berat, sehingga butuh sosok yang sangat mumpuni untuk membantu kerja presiden.

Begitu analisis pengamat politik dari Universitas Esa Unggul, Jamiluddin Ritonga, ketika berbincang dengan Kantor Berita Politik RMOL mengenai wacana reshuffle kabinet, Kamis (29/12).

"Menteri di bidang ekonomi saat ini umumnya biasa-biasa saja. Kapasitas mereka tampaknya sulit untuk dapat mengatasi resesi ekonomi,” jelas Jamiluddin.

Dia menambahkan, menteri yang paham betul akan perekonomian nasional sangat diperlukan untuk menghadapi resesi pada tahun depan. Sekaligus bisa memberikan nilai positif untuk Jokowi di akhir masa jabatannya.

"Karena itu, diperlukan menteri yang benar-benar mumpuni agar dapat keluar dari resesi. Mereka  harus sosok yang tidak biasa, sehingga mampu mengatasi masalah ekonomi akibat dampak resesi,” ujarnya.

Dengan alasan tersebut, menteri yang paling cocok dicopot dari jabatannya menurut Jamiluddin adalah Menteri Perdagangan dan Menteri Perindustrian. Karena mereka yang paling tidak mumpuni dalam mengelola harga di pasaran sehingga layak didepak dari lingkaran Istana.

"Menteri Perdagangan dan Menteri Perindustrian kiranya layak di reshuffle. Dua menteri ini masuk kategori biasa-biasa saja,” demikian Jamiluddin. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA