Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jika Prabowo Tidak Segera Cawapreskan Cak Imin, Peluang PKB Berlabuh Koalisi Perubahan Makin Besar

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Kamis, 29 Desember 2022, 13:52 WIB
Jika Prabowo Tidak Segera Cawapreskan Cak Imin, Peluang PKB Berlabuh Koalisi Perubahan Makin Besar
Direktur Arus Survei Indonesia, Ali Rif'an/RMOL
rmol news logo Langkah nyata dalam membentuk koalisi untuk menghadapi Pemilu Serentak 2024 disarankan segera direalisasikan oleh Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto bersama dengan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Saran tersebut disampaikan Direktur Eksekutif Arus Survei Indonesia (ASI), Ali Rif'an dalam hal menanggapi wacana stagnasi dinamika pembentukan Koalisi Gerindra-PKB. Dengan merealisasikan koalisi itu, kemunculan usulan agar parpol yang dipimpin pria yang karib disapa Cak Imin merapat ke barisan Koalisi Perubahan tidak terjadi.

"Karena itu, harusnya Prabowo segera mengikat Cak Imin jadi cawapres," ujar Ali kepada Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (29/12).

Dampak dari pembiaran dinamika pembentukan koalisi yang stagnan, menurut Ali akan membuat hubungan Gerindra dan PKB yang telah dibangun dalam komunikasi awal-awal menjadi percuma. Pengamatan Ali Rif'an, wacana koalisi Gerindra-PKB belum memunculkan kesepakatan politik yang nyata.

"Jika tidak (mengikat Cak Imin jadi cawapres), peluang Cak Imin berlabuh ke barisan Koalisi Perubahan dan mendampingi Anies Baswesan, sangat besar," tuturnya.

Lebih dari itu, calon doktor komunikasi politik Universitas Indonesia ini menduga, daya tawar PKB untuk barisan Koalisi Perubahan lebih tinggi, mengingat parpol-parpol yang ada di dalamnya tidak memiliki basis pemilih di satu wilayah.

Ditambah, Ali juga melihat mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, sebagai capres yang diusung Partai Nasdem juga tidak punya simpatisan yang kuat di daerah yang dimaksud. Apalagi, pencapresan Anies sudah diamini oleh dua parpol yang ada di barisan Koalisi Perubahan, yakni Partai Demokrat dan PKS.

"Apalagi Anies sejauh ini sangat lemah di Jawa Timur dan Jawa Tengah, sehingga Cak Imin dan PKB bisa melengkapi kekurangan Anies," demikian Ali menambahkan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA