Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Champion Berperan Penting Jaga Pasokan Cabai dan Bawang Merah saat Natal

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Jumat, 30 Desember 2022, 13:23 WIB
Champion Berperan Penting Jaga Pasokan Cabai dan Bawang Merah saat Natal
Petani bawang/Net
rmol news logo Petani penggerak sekaligus mitra pemerintah dalam mendukung upaya stabilisasi pasokan nasional, atau yang sering disebut champion berhasil menunjukkan peran dalam menjaga pasokan cabai dan bawang merah di tingkat pasar sesuai kebutuhan masyarakat yang meningkat di akhir tahun.

Apresiasi kepada para champion binaan Direktorat Jenderal Hortikultura ini bahkan turut disampaikan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL). Dia mencatat bahwa dalam perayaan Natal Tahun 2022, pasokan cabai dan bawang merah berhasil membanjiri pasar. Hal ini sejalan dengan arahannya, untuk mengamankan pasokan dan stabilisasi harga, terutama di wilayah defisit.

“Terpantau kondisi ketersediaan cabai dan bawang merah dalam kondisi aman. Tidak ada masalah dalam pasokan cabai dan bawang merah yang sering terjadi berulang pada akhir tahun,” ujarnya kepada wartawan, Kamis (29/12).

Direktur Jenderal Hortikultura, Prihasto Setyanto menjelaskan bahwa champion berada di sentra-sentra produksi melaksanakan kegiatan pembelian cabai dan bawang merah dari petani dan mendistribusikannya kepada seluruh wilayah. Wilayah defisit cabai dan bawang merah akan dipasok oleh champion yang berada paling dekat dengan wilayah tersebut.

Pemerintah kemudian memetakan wilayah surplus dan defisit dan dalam teknis pelaksaan, pemerintah bekerja sama dengan para champion sesegera mungkin menyalurkan pasokan menuju lokasi-lokasi defisit guna menghindari kelangkaan.

“Sepanjang tahun 2022 ini kami fokus menjaga stabilitas pasokan cabai dan bawang merah di antaranya dengan mengoptimalkan peran para champion,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Champion Cabai Indonesia Tunov Mondro Atmojo mengatakan bahwa strategi pemerintah dalam menggerakkan para champion dalam menjaga pasokan cabai dan bawang merah terbilang efektif.

“Bukan hanya itu, kami bangga keberadaan kami diapresiasi oleh Menteri Pertanian. Komitmen bersama yang disaksikan langsung oleh menteri kami rasakan sebagai bentuk penghargaan,” ucap Tunov kepada wartawan, Jumat (30/12). rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA