Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pencabutan PPKM Jadi Ujian Masyarakat Menuju Endemi Covid-19

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Sabtu, 31 Desember 2022, 23:36 WIB
Pencabutan PPKM Jadi Ujian Masyarakat Menuju Endemi Covid-19
Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat/Net
rmol news logo Pencabutan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) merupakan ujian kemandirian masyarakat dalam proses transisi menuju endemi Covid-19. Kesadaran yang tinggi dari masyarakat sangat dibutuhkan untuk memastikan proses tersebut berhasil.

"Fase ini merupakan tahapan yang sangat menentukan dalam proses menuju endemi Covid-19. Sangat diperlukan kesadaran dan kedewasaan masyarakat dalam menyikapi masa transisi ini," kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (31/12).

Menurut Lestari, meski kebijakan PPKM telah dicabut, pemerintah berharap masyarakat melakukan pencegahan dan deteksi dini secara mandiri bila menghadapi dugaan paparan Covid-19.

Selain itu, ujar Rerie sapaan akrab Lestari, kedewasaan masyarakat dalam menyikapi pencabutan kebijakan PPKM sangat dibutuhkan dengan tetap mematuhi sejumlah saran pencegahan yang dianjurkan pemerintah.

Diakui anggota Komisi X DPR dari Dapil II Jawa Tengah itu, saat ini merupakan pembuktian apakah masyarakat mampu mengamalkan nilai-nilai persatuan dan gotong-royong, yang merupakan bagian dari nilai-nilai kebangsaan, dalam menghadapi tantangan mengendalikan penyebaran Covid-19.

Anggota Majelis Tinggi Partai Nasdem itu berpendapat, penggunaan masker di tempat umum bila kondisi tidak fit yang disarankan pemerintah, harus menjadi norma keseharian masyarakat.

Demikian pula kelengkapan vaksinasi Covid-19 hingga dosis ke-3 atau booster, tambah dia, harus menjadi kesadaran masyarakat dalam upaya meningkatkan imunitas diri dari paparan Covid-19.

Karena itu Rerie mengajak segenap anak bangsa untuk bersatu mengedepankan semangat pencegahan penyebaran Covid-19 dalam aktivitas keseharian.

Sehingga bangsa Indonesia mampu melewati masa transisi menuju endemi Covid-19 dan melaksanakan proses pembangunan dengan baik untuk mewujudkan bangsa yang bermartabat serta negara yang  adil, makmur berdasarkan Pancasila. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA