Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pengamat: Kalau Demokrat Gabung KIB, Potensi Menangnya Tinggi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Kamis, 05 Januari 2023, 10:59 WIB
Pengamat: Kalau Demokrat Gabung KIB, Potensi Menangnya Tinggi
Direktur Eksekutif Lingkar Madani (Lima) Indonesia, Ray Rangkuti/Net
rmol news logo Partai Demokrat dinilai bisa menjadi tambahan kekuatan signifikan bagi Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang sudah diisi Golkar-PAN-PPP. Bahkan bagi Demokrat, gabung ke KIB akan membuat peluang memenangkan Pemilu 2024 cukup tinggi.

Namun, kemungkinan itu bisa saja terjadi  kalau Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), tidak diterima sebagai cawapres oleh Koalisi Perubahan bersama PKS dan Nasdem.

“Kalau AHY kemudian ditolak sebagai cawapres mendingan cari keuntungan yang lain yang memungkinkan menang. Misalnya Demokrat gabung dengan KIB, potensi menangnya tinggi sekali itu. Meskipun dia bukan capres,” kata Direktur Eksekutif Lingkar Madani (Lima) Indonesia, Ray Rangkuti, kepada wartawan, Kamis (4/1).   

Namun begitu, pengamat politik jebolan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini meyakini AHY akan menjadi cawapres bagi Anies Baswedan yang telah diusung Nasdem.

“Karena sekeras-kerasnya PKS sekarang misalnya mendorong Aher sebagai cawapres mereka, pada akhirnya akan memilih Anies. Jadi Anies lah yang menentukannya. Kalau Anies mengatakan 'sudahlah AHY aja', akan jalan. Ini bukan hambatan, ini soal waktu saja,” demikian Ray Rangkuti. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA