Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Seleksi Anggota Bawaslu Daerah Lanjut Tahun Ini, 2022 Sudah Selesai 25 Provinsi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Kamis, 05 Januari 2023, 20:59 WIB
Seleksi Anggota Bawaslu Daerah Lanjut Tahun Ini, 2022 Sudah Selesai 25 Provinsi
Anggota Bawaslu RI, Herwyn J.H. Malonda (kedua dari kiri) saat diskusi bersama Koalisi Pewarta Pemilu (KPP)/RMOL
 rmol news logo Proses seleksi Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) daerah baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota akan dilanjutkan prosesnya pada tahun 2023 ini.

Hal tersebut disampaikan Anggota Bawaslu RI, Herwyn J.H. Malonda, dalam diskusi bersama Koalisi Pewarta Pemilu (KPP) bertajuk "Catatan Kinerja Pengawasan Pemilu Tahun 2022 dan Proyeksi Tahun 2023" yang digelar di Kantor Bawaslu RI, Jalan MH Thamrin, Gondangdia, Jakarta Pusat, Kamis (5/1).

"Kita di 2022 sudah membentuk Bawaslu Provinsi 75 orang di 25 provinsi yang anggotanya masa akhir jabatannya di bulan September 2022. Itu 75 orang kita lantik," ujar Herwyn.

Untuk posisi tahun ini, Herwyn mengatakan bahwa dalam waktu dekat akan dilantik Calon Anggota Bawaslu Kalimantan Barat, karena nama-nama calon yang sudah mengikuti proses seleksi tahap pertama dan lanjutan sudah diserahkan seacra resmi kepada Bawaslu RI.

"Dan nanti Bawaslu akan menjadwalkan fit and proper test, dan direncanakan pelantikannya sesuai habis masa jabatnnya tanggal 13 Februari 2023 ini," urainya.

Selain itu, Herwyn juga mengatakan bahwa dalam waktu dekat ini Bawaslu RI akan membentuk Timsel di 3 provinsi lainnya yaitu di Provinsi Sulawesi Utara, Aceh, dan Sulawesi Selatan.

"Bawaslu kabupaten/kota secara serentak pada tanggal 15 Agustus 2023 itu akhir masa jabatannya, dan prosesnya akan dilakukan tahun ini," demikian Herwyn menambahkan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA