Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pasca kebakaran, Gunhar Minta Operasional PT GNI Morowali Dihentikan Sementara

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Sabtu, 07 Januari 2023, 17:51 WIB
Pasca kebakaran, Gunhar Minta Operasional PT GNI Morowali Dihentikan Sementara
Anggota komisi VII DPR RI Yulian Gunhar/Net
rmol news logo Ledakan yang terjadi pada smelter milik PT Gunbuster Nickel Industry (GNI), Morowali Utara, yang menelan dua korban jiwa pada 23 Desember 2022 lalu, berujung usulan DPR RI untuk menangguhkan pengoperasian perusahaan smelter nikel tersebut.

Demikian diungkap anggota komisi VII DPR RI Yulian Gunhar, yang ikut serta dalam kunjungan spesifik Komisi VII DPR RI di PT GNI Morowali Utara, Rabu (4/1).

"Kita mengusulkan untuk ditangguhkan sementara pengoperasian perusahaan PT GNI, terkait ledakan yang menelan korban jiwa, sampai adanya investigasi lebih lanjut," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu (7/1).

Dengan dihentikannya operasional PT GNI hingga ada investigasi, menurut Gunhar, akan menjadi perhatian bagi semua perusahaan pengolahan nikel lainnya, agar selalu mengedepankan keselamatan kerja.

“Dengan dihentikannya operasional secara sementara, diharapkan PT GNI akan bisa membenahi aspek keselamatan pekerja dan memperhatikan hal-hal teknis. Jangan karena terlalu mengedepankan faktor keuntungan, membuat aspek teknis dan keselamatan kerja tidak diperhatikan,” katanya.

Gunhar menambahkan, terkait terjadinya musibah kebakaran di PT GNI Morowali yang menelan dua korban jiwa, Komisi VII siap membentuk Panitia Kerja (Panja) untuk menginvestigasi kejadian tersebut. Hal itu dilakukan, menurutnya untuk memastikan ditemukannya penyebab terjadinya musibah tersebut. 

“Investigasi yang akan dilakukan Panja Komisi VII, nantinya diharapkan mampu membuka selebar-lebarnya sebab terjadinya kebakaran yang menelan korban jiwa,” tegasnya. 

Selain itu, Politisi PDI Perjuangan ini berharap investigasi yang dilakukan Panja Komisi VII dalam kasus kebakaran smelter PT GNI nantinya bisa menjadi pelajaran bagi PT GNI khususnya, dan seluruh perusahaan smelter lainnya, untuk mengutamakan keselamatan kerja serta meningkatkan kinerjanya.

“Selama proses investigasi, diharapkan PT.GNI bisa terus membenahi  aspek keselamatan kerja, dan meningkatkan performanya dalam proyek smelter nikel di Morowali Utara ini. Sehingga dapat berkontribusi maksimal dalam program hilirisasi,” pungkasnya. rmol news logo article
EDITOR: IDHAM ANHARI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA