Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PDIP Dinilai Lebih Untung dengan Sistem Proporsional Tertutup

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Minggu, 08 Januari 2023, 12:35 WIB
PDIP Dinilai Lebih Untung dengan Sistem Proporsional Tertutup
Pengamat politik Jamiluddin Ritonga/Net
rmol news logo Dari 9 partai di Senayan, hanya PDI Perjuangan yang setuju sistem pemilu proporsional tertutup. Sementara 8 partai lainnya mendukung sistem pemilu proporsional terbuka.

Kengototan PDIP itu dinilai karena banteng moncong putih merasa sistem ini paling menguntungkan bagi partainya dan bisa mengantarkan kader lebih banyak lagi ke parlemen.

Begitu penilaian pengamat politik Jamiluddin Ritonga saat berbincang dengan Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (8/1).

"Pilihan PDIP itu tentu wajar karena dinilai lebih menguntungkan bagi partainya. PDIP yakin dengan sistem proporsional tertutup, kader terbaiknya akan dapat lolos ke Senayan,” ucap Jamiluddin dalam keterangannya, Minggu (8/1).

Dia menuturkan kalkulasi itu tentu ada benarnya jika urutan caleg yang diajukan di setiap daerah pemilihan (dapil) hanya sebagian kecil yang berkualitas. Sementara caleg lainnya hanya pelengkap untuk memenuhi kuota di dapilnya.

"Namun kehawatiran itu dapat diatasi bila dalam menyusun caleg di suatu Dapil kualitasnya setara. Dengan begitu, siapa pun yang terpilih tentu sudah memenuhi standar yang diharapkan partai,” tutup Jamiluddin. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA