Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kuota Haji 2023 Bisa 221 Ribu Tanpa Batasan Usia, PKB: Ini Kabar Gembira

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Senin, 09 Januari 2023, 08:53 WIB
Kuota Haji 2023 Bisa 221 Ribu Tanpa Batasan Usia, PKB: Ini Kabar Gembira
Anggota Komisi VIII DPR RI, Maman Imanulhaq/Net
rmol news logo Kembali penuhnya kuota Haji Indonesia pada 2023 yaitu sebesar 221 ribu jemaah disambut baik masyarakat di tanah air. Hal ini sesuai dengan kesepakatan yang diteken Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas bersama Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F Al Rabiah di Jeddah, Minggu (8/1).

Anggota Komisi VIII DPR RI, Maman Imanulhaq menyebut, kembali penuhnya kuota jemaah haji asal Indonesia adalah hasil kerja bersama antara pemerintah bersama legislatif. Ia menyebut hal itu merupakan misi sukses delegasi yang dipimpin oleh Gus Yaqut dalam meningkatkan jumlah kuota haji. Apalagi kuota tahun ini jumlahnya 2 kali lipat lebih banyak ketimbang kuota haji 2022 lalu.

"Saya tentu memberi apresiasi atas hasil kesepakatan penyelenggaraan ibadah haji 1444 H/2023 Masehi antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi. Hasil itu membawa kabar gembira bagi para calon jemaah haji Indonesia yang punya antrean hingga puluhan tahun untuk bisa pergi berhaji ke Tanah Suci," kata Maman kepada wartawan, Senin (9/1).

Sementara itu, soal ketiadaan batas usia bagi calon jemaah haji, juga mendapatkan apresiasi dari politikus PKB itu. Kabar ini jelas membawa angin segar bagi calon jemaah haji yang sudah berumur lebih dari 65 tahun.

Menurut Maman, adanya aturan pembatasan usia bagi para calon jemaah haji justru terkesan tidak adil, apalagi bagi mereka yang punya raga sehat meski usianya telah senja.

"Kita terus berbenah agar penyelenggaraan ibadah haji kita semakin baik. Catatan-catatan yang kita sampaikan pada saat rapat evaluasi dengan Gus Menteri hendaknya menjadi perhatian, sehingga pelayanan ibadah haji kepada jemaah asal Indonesia semakin maksimal," demikian Maman. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA