Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Rizal Ramli: Perppu Ciptaker Seribu Halaman Bikin Ribet Pengusaha

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Senin, 09 Januari 2023, 14:30 WIB
Rizal Ramli: Perppu Ciptaker Seribu Halaman Bikin Ribet Pengusaha
Begawan ekonomi Rizal Ramli/RMOL
rmol news logo Penerbitan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) 2/2022 tentang Perubahan UU 11/2020 Ciptaker yang disusun dengan mekanisme omnibus law dinilai masih mempersulit pengusaha.

Begawan ekonomi Rizal Ramli mengatakan, Perppu Ciptaker yang telah diterbitkan pemerintah tidak mengubah isi materiil dalam UU Cipta Kerja.

"UU ini seribu halaman, penjelasannya 500 halaman. Coba, masuk akal enggak mau menyederhanakan, mempermudah, tapi UU-nya ini seribu halaman?" ujar Rizal Ramli dalam diskusi bertajuk "Gegara Perppu Ciptaker Jokowi Bisa Dimakzulkan?" yang digelar di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Senin (9/1).

Sejak awal, RR, sapaan Rizal Ramli memandang materiil UU Ciptaker sudah cacat. Regulasi yang disusun dengan alasan mempermudah pebisnis menanamkan modal dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya bagi masyarakat nyatanya tidak demikian.

Yang ada, para pengusaha, baik skala besar maupun skala kecil justru dipersulit karena dipaksa memahami ratusan halaman undang-undang yang isinya bertolak belakang dengan keinginan pengusaha.

"Tujuannya untuk pengurangan biaya, perizinan, dan regulasi buat kalangan bisnis justru tidak akan pernah tercapai. Kenapa? Ya seribu halaman, ribet," demikian mantan Menko Ekuin era Presiden keempat RI Abdurrahman Wahid ini menambahkan. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA