Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PKB: Kalau MK Putuskan Pemilu Tertutup, Anak Muda Bakal Golput

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/angga-ulung-tranggana-1'>ANGGA ULUNG TRANGGANA</a>
LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Selasa, 10 Januari 2023, 01:50 WIB
PKB: Kalau MK Putuskan Pemilu Tertutup, Anak Muda Bakal Golput
Ilustrasi Pemilu/Net
rmol news logo Gelombang penolakan wacana pemberlakukan sistem pemilu proporsional tertutup juga disoroti oleh politisi muda partai, salah satunya Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Jurubicara milenial PKB, Mikhael Benyamin Sinaga menyatakan dengan tegas menolak keras wacana perubahan sistem pemilu 2024 yang akan menjadi proposional tertutup. Mikhael, sistem tersebut bertentangan dengan semangat anak muda yang semakin melek dan antusias terhadap politik.

Kata dia, dalam dua Pemilu terakhir partisipasi pemilih muda terus meningkat. bahkan anak muda juga mulai banyak yang terjun ke politik, baik sebagai simpatisan maupun bergabung dengan partai politik.

"Saya minta elite jangan khianati semangat itu hanya karena takut jabatannya hilang," kata Mikhael, Senin (09/1).

Bahkan Mikhaeil mengungkapkan hasil survei Centre for Strategic and International Studies (CSIS) yang dilakukan pada 8-13 Agustus 2022,. Hasilnya, partisipasi pemilih muda di Indonesia terus meningkat dari Pemilu 2014 ke Pemilu 2019.

Mikhael meyakini, sistem proporsional tertutup itu akan membuat anak-anak muda tidak lagi tertarik dengan politik dan bahkan terancam tidak mau berpartisipasi dalam pemilu serentak mendatang.

“Keputusan MK kali ini sangat krusial, kalau ini dikabulkan besok apa lagi? Pemilihan presiden lewat DPR? Semua anak muda sepakat, kembali ke sistem tertutup ini kemunduran. Apa MK nanti mau tanggung jawab kalau pada Golput semua?”, demikian Mikhael.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA