Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Milenial PKB Ancam Golput jika Sistem Pemilu Proporsional Tertutup

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Selasa, 10 Januari 2023, 08:49 WIB
Milenial PKB Ancam Golput jika Sistem Pemilu Proporsional Tertutup
Ilustrasi Pemilu 2024/RMOL
rmol news logo Wacana perubahan sistem Pemilu 2024 menjadi proposional tertutup bertentangan dengan semangat anak muda yang semakin antusias terhadap politik.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Jurubicara milenial PKB, Mikhael Benyamin Sinaga pun mengancam akan abstain dari Pemilu 2024 atau golput jika sistem proporsional terbuka diubah menjadi tertutup.

“Semua anak muda sepakat, kembali ke sistem tertutup ini kemunduran. Apa MK nanti mau tanggung jawab kalau pada golput semua?” ujar Mikhael dalam keterangannya, Selasa (10/1).

Mikhael mengatakan, dua pemilu terakhir partisipasi pemilih muda terus meningkat. Anak muda juga mulai banyak yang terjun ke politik, baik sebagai simpatisan maupun bergabung dengan partai politik.

Sebagaimana hasil survei Centre for Strategic and International Studies (CSIS) pada 8-13 Agustus 2022, partisipasi pemilih muda di Indonesia terus meningkat dari Pemilu 2014 ke Pemilu 2019. Sebanyak 85,9 persen mengaku memilih pada Pemilu 2014, sedangkan pada Pemilu 2019 persentase pemilih meningkat menjadi 91,3 persen dari total responden yang berusia 17-39 tahun saat survei dilaksanakan.

“Saya minta elite jangan khianati semangat itu hanya karena takut jabatannya hilang,” tandasnya. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA