Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Legislator PAN Yakin MK Punya Pertimbangan Moral dan Akal Terkait Proporsional Terbuka

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Kamis, 12 Januari 2023, 10:37 WIB
Legislator PAN Yakin MK Punya Pertimbangan Moral dan Akal Terkait Proporsional Terbuka
Ketua Fraksi PAN, Saleh Partaonan Daulay/Net
rmol news logo Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) meyakini Mahkamah Konstitusi (MK) mempunyai pertimbangan moral dan akal terkait sikap mayoritas fraksi di DPR RI dan masyarakat yang menginginkan sistem proporsional terbuka tetap dipakai pada Pemilu 2024 mendatang.

“Para hakim MK tentu sudah membacanya. Mereka diyakini tahu argumen-argumen yang disampaikan. Dan tentunya, pertimbangan moral dan akal dinilai lebih tepat untuk menerapkan sistem terbuka,” kata Ketua Fraksi PAN DPR RI, Saleh Partaonan Daulay, dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (12/1).

Lagipula, lanjut Saleh, demokrasi itu arahnya adalah partisipasi, kesetaraan, dan keadilan. Oleh karena itu, dengan tetap menerapkan sistem proporsional terbuka arah demokrasi itu bisa diwujudkan.

“Terbukti, selama ini masyarakat selalu merasa ikut 'berpesta' dalam setiap pemilu yang dilaksanakan,” demikian Saleh Daulay.

Sebanyak 8 fraksi di DPR RI tegas menolak sistem proporsional tertutup dan menghendaki proporsional terbuka pada Pemilu 2024 nanti. Hanya PDIP yang setuju menggunakan sistem proporsional tertutup.

Tak hanya fraksi di DPR, partai politik peserta Pemilu 2024 pun menyatakan sikap bersama menginginkan sistem proporsional terbuka. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA