Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pengamat: Bukan PDIP, Golkar yang Loyal dan Back Up Jokowi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Kamis, 12 Januari 2023, 13:46 WIB
Pengamat: Bukan PDIP, Golkar yang Loyal dan <i>Back Up</i> Jokowi
Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR), Ujang Komarudin/Net
rmol news logo Pernyataan Megawati Soekarnoputri dalam pidatonya di HUT ke-50 PDI Perjuangan yang menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak bisa apa-apa tanpa PDIP, justru bisa berbalik ke arah dirinya.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Sebab, Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR), Ujang Komarudin, menilai pernyataan Megawati tersebut berbanding terbalik dengan sepak terjang Jokowi di pemerintahan.

Menurutnya, Jokowi justru di-back up secara total oleh Partai Golkar. Sedangkan hubungan Jokowi dengan PDIP cenderung pasang-surut.

“Jokowi itu gesturenya di internal partai sendiri enggak nyaman. Justru yang total mem-back up pemerintahan Jokowi ya Golkar. Golkar menjadi jangkar. Golkar yang selalu loyal dan setia kepada Jokowi,” kata Ujang kepada Kantor Berita Politik RMOLdi Jakarta, Kamis (12/1).

Pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia ini pun memberi contoh dukungan Golkar bagi Jokowi. Mulai dari penanganan Covid-19 yang diketuai oleh Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, hingga loyalitas Menko Marvest Luhut Binsar Pandjaitan yang terlihat total untuk Jokowi.  

“Jadi selama ini yang banyak mem-back up Jokowi ya Golkar, yang selalu loyal setia dan tidak pernah ingkar janji kepada Jokowi. Kalau PDIP pasang-surut dengan Jokowi. Kita lihat dalam perjalanannya Golkar lah yang banyak mem-back up pemerintahan Jokowi. Publik pun tahu seperti itu,” demikian Ujang Komarudin. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA